Diskominfo Bertekad Wujudkan Kaltim Terbuka dan Informatif
04 September 2019 Admin Website Berita 6350
Diskominfo Bertekad Wujudkan Kaltim Terbuka dan Informatif

SAMARINDA – Diskominfo menetapkan peningkatan kualitas pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik menjadi salah satu program prioritasnya dalam pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2019-2023. Targetnya, Diskominfo bertekad mewujudkan Kaltim terbuka dan informatif.

Dikatakan Kepala Diskominfo Kaltim melalui Kepala Bidang Informasi dan Komuniasi Publik, Nurulita, hal tersebut mendasari mereka selalu mendorong OPD lingkup Kaltim senantiasa memperbaharui informasi publik lingkup instansi masing-masing.

Hal tersebut mendasari pelaksanaan Workshop Pemuktahiran Data Website PPID Pemerintah Provinsi dan Aspirasi Etam Kaltim Tahun 2019.

“Maksudnya untuk melakukan pemuktahiran informasi dan dokumentasi pada PPID Pembantu di lingkungan Pemprov Kaltim guna mewujudkan Kaltim yang terbuka dan informatif,” katanya saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan, di Aula Kudungga, Kantor Diskominfo Kaltim, Rabu (4/9).  

Dia berharap operator utusan OPD yang mengikuti kegiatan memahami secara jelas mekanisme pemutakhiran informasi dan dokumentasi. Sebab kegiatan tidak sebatas penyampaian materi, tapi langsung praktek penggunaan aplikasi website yang ada.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan diwujudkan PPID di lingkungan Pemprov Kaltim yang berkompeten dalam rangka pelaksanaan UU Keterbukaan Informasi Publik.

Dengan demikian diharapkan tercapainya peningkatan kualitas PPID yang responsif, cepat, dan tuntas dalam melayani masyarakat, tercapainya PPID yang informatif dalam menyampaikan setiap informasi publik kepada masyarakat, dan terwujudnya pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang terbuka di Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut penilaian pemeringkatan badan publik dari Komisi Informasi yang mewajibkan setiap OPD harus memiliki website masing-masing.  Dalam kegiatan tersebut dibahas terkait website di tiap-tiap instansi harus sudah upgrade data.

Kemudian dari masing-masing website untuk saling berintegrasi dengan website PPID Utama Prov. Kaltim yang sudah dilakukan pembaharuan website oleh Tim IT Kominfo.  Setiap OPD diharap melakukan updating konten website seperti berita-berita kegiatan OPD, program dan kegiatan OPD, dokumentasi-dokumentasi kegiatan OPD dan informasi – informasi yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Selain itu, setiap SKPD juga harus melakukan penginputan data pada menu PPID pembantu di website OPD dan di input melalui  admin yang telah diberikan kepada SKPD oleh Tim IT Diskominfo disertai link informasi yang sudah terupload website (PPID Utama). Setiap admin dari OPD akan memiliki akses ke website  PPID Utama.

Workshop sendiri dibuka Kepala Diskominfo Kaltim diwakili Sekretaris Diskominfo Kaltim, Eka Wahyuni dengan dihadiri Kasi Pengolahan Opini dan Komunikasi Publik, Irene Yuriantini, Kasubag Umum, Agus Priyanto, dan dua narasumber Fery serta Adi Setiawan.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023