DPMD Paser Bangun Komunikasi Sinkronkan Program Acu Permendagri 90
20 November 2020 Admin Website Berita 6604
DPMD Paser Bangun Komunikasi Sinkronkan Program Acu Permendagri 90

SAMARINDA -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Paser berkunjung ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Jumat (20/11).

Kunjungan dalam rangka silaturahmi membangun komunikasi untuk berkoordinasi menyinkronkan program kabupaten dengan provinsi mengacu Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

"Dengan ada perubahan mau tidak mau harus komunikasi dengan provinsi terkait tugas kabupaten yang harus disesuaikan, " sebut Sekretaris DPMK Paser Jarkawi.

Dengan demikian saat DPMPD Provinsi Kaltim menggelar rakor sudah lebih dulu sinkron.

Selain itu, upaya sinkronisasi program dianggap penting karena DPMD Paser pada 2021 akan menyusun rencana strategis (renstra) sehingga bisa menjadi acuan.

Pada kesempatan itu dia juga berharap ada pendampingan dalam pengisian quisoner penilaian Indeks Desa Membangun.

Dia menilai pihak yang melakukan pengisian quisoner tidak memahami secara utuh, sehingga cenderung mengisinya sesuai pemahaman sendiri. Walhasil mempengaruhi nilai tingkat perkembangan desa.

"Makanya kita berharap ada pendampingan agar sesuai. Harapannya IDM desa di Paser semakin baik. Sesuai target provinsi dalam pengentasan desa sangat tertinggal dan tertinggal di Kaltin, " katanya.

Menyikapi itu, Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosbudmasy Noor Fathoni menyambut baik kunjungan. Menurutnya program kegiatan provinsi dan kabupaten harus sejalan karena capaian target DPMPD Provinsi merupakan dukungn kabupaten DPMD/DPMK Kabupaten se Kaltim.

"Seperti peningkatan status IDM yang sudah mencapai sembilan desa mandiri. Tentu ini akan mempengaruhi capaian IDM yang ditarget provinsi, " katanya.

Terkait hal tersebut, disarankan menganggarkan bimbingan teknis IDM dan ditindaklanjuti turun lapangan seperti monitoring agar semua faham mekanisme terkait penilaiannya.

Dari DPMPD Kaltim sendiri diakui sudah menbentuk Tim Bedah IDM untuk membedah indikator yang dapat ditingkatkan untuk mendongkrak peningkatan status IDM.

Pada kesempatan itu DPMD Paser juga disarankan mendorong desa meningkatkan kerjasama antar desa.

Noor Fathoni menerima kunjungan DPMD Paser didampingi Kasi Terkait, yakni Esthi Susila Rini, Akhmad Nadjhani, dan Evida Prasetiningrum.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 23 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023