DPMPD Berhasil Tuntaskan Program Pelatihan KPMD di Triwulan I
22 April 2020 Admin Website Berita 6699
DPMPD Berhasil Tuntaskan Program Pelatihan KPMD di Triwulan I

SAMARINDA -- Program pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KMPD) yang direncanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim tahun anggaran 2020 disebut sudah terealisasi di Triwulan I pelaksanaan anggaran.

Dari target tiga kali pelatihan dengan jumlah sasaran 150 orang, realisasinya sudah 100 persen dengan jumlah peserta surplus 30 orang.

"Sengaja kita lakukan percepatan di awal tahun anggaran karena memang sesuai kebutuhan. Kita ingin KPMD bisa segera berperan membantu desa melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa," aku Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosbudmasy DPMPD Kaltim, Isnaini Trikorawati saat silaturahmi menjelang purna tugas dan syukuran menyambut Ramadhan 1441 Hijriah, di Kantor DPMPD Kaltim, Rabu (22/4).

Selain itu, periode Triwulan II bertepatan dengan Puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, sehingga dikhawatirkan kurang efektif dalam pelaksanaan kegiatannya.

Sementara pelatihan KPMD merupakan salah satu kegiatan pengungkit sasaran RPJMD Kaltim 2019 - 2023 bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa yang harus direalisasikan, yakni meningkatkan status 150 desa menjadi berkembang dari 518 desa sangat tertinggal dan tertinggal.

Pun demikian kegiatan pemberdayaan kelembagaan dan sosbudmasy lainnya yang juga “dikebut” dalam realisasi pelaksanannya agar pencapaiannya optimal sebelum memasuki Puasa Ramadhan.

Terkait tanggung jawab jabatannya yang akan berakhir 1 Mei 2020, dia mengaku akan terus bisa berbuat untuk memajukan desa. “Saya siap jika memang nanti dibutuhkan saran dan masukannya. Seperti kata teman-teman bidang boleh berkiprah menjadi pakar praktisi peningkatan kapasita masyarakat,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, dia menitip pesan agar pejabat penggantinya kelak dapat melanjutkan kerja-kerja yang sudah dikomandoinya dalam waktu singkat delama bulan terkahir. Dan bagi jajarannya dia berpesan agar terus berkreasi dan tidak tergantung anggaran dalam melaksanakan kegiatan.

“Cari inovasi sumber anggaran di luar. Jalin kemitraan dan kerjasama meningkatkan kapasitas masyarakat,” serunya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023