DPMPD Boyong DPMD/K Lihat MHA Ammatoa Kajang
23 November 2023 Arif Maulana Berita 4563
DPMPD Boyong DPMD/K Lihat MHA Ammatoa Kajang

BULUKUMBA -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim memboyong Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD kabupaten se Kaltim untuk melihat keberadaan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Ammatoa Kajang Desa Tana Towa, Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kamis (23/11/2023).

 

Kunjungan bertajuk studi pintar tersebut merupakan tindak lanjut Rapat Kerja Teknis (Rakertek) Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat se Kaltim yang dilaksanakan dalam rangka upaya percepatan pemberian pengakuan dan perlindungan MHA di Provinsi Kaltim.

 

"DPMPD melakukan fasilitasi Studi Cerdas MHA untuk melihat pembinaan MHA dalam rangka percepatan pengakuan, perlindungan, dan pemberdayaan MHA di Kaltim," ujar Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi melalui Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosbudmasy Roslindawaty saat memberikan sambutan maksud dan tujuan kunjunganm

 

MHA Ammatoa Kajang menjadi lokasi studi pintar karena menjadi MHA pertama diakui sejak Maret 1999. MHA ini memiliki wilayah, masyarakat, dan adatnya 

 

MHA Ammatoa Kajang dinilai sangat menjaga adat istiadatnya dalam keseharian. Diantarannya masih hidup sederhana belum menggunakan fasilitas kehidupan modern seperti belum ada listrik, tidak menggunakan handphone, dll.

 

Dalam menjalankan adat istiadat, kepala adat dibantu menteri-menteri yang bertugas mengurus pertanahan perikanan dll. Bahkan ada intelegen yang bertugas menggali informasi kehidupan luar sehingga biarpun hidup jauh dari kota tapi tahu kehidupan luar.

 

Adat istiadat lain yang masih dipelihara pola hidup masyarakat bergiliran memanfaatkan lahan untuk pengembangan pertanian dan perkebunan. Bagi masyarakat yang membantu harus dibagi hasil pertanian.

 

Hukum adat yang berlaku Puko Babalah harus meninggalkan kampung seperti mencuri dan perzinahan, Tanga babela hukuman sederhan berupa denda 30 Ringgit, dan Cappa babela paling ringan mengganti perbuatan mencuri kebun ganti sesuai yang dicuri.

 

Hukum adat yang ada disebut dari dulu tidak pernah berubah, sehingga masyarakat hidup tertib aman dan damai.

 

Dengan hukum ada berlaku anak gadis terjaga kalau. Kalau bersentuhan denda kalau sama-sama mau dinikahkan.

 

Pun demikian hutan adat terjaga tidak boleh ambil kayunya dan yang ada dalamnya. Hutan tidak bisa diambil termasuk, ikan didalamnya tdk bisa diambil. 

 

Saat kunjungan rombongan diingatkan terhadap beberapa ketentuan yang menjadi aturan masyarakat adat. Setiap peserta diharuskan menggunakan pakaian hitam dan tanpa alas kaki sebagai penghormatan terhadap budaya Adat Suku Kajang. Alasan tidak menggunakan sendal karena masyarakat menunjukkan kehidupan sederhana," jelasnya.

 

"Terpenting kata dia saat kunjungan mengedepankan Atitute baik karena Suku Kajang dikenal memiliki ilmu magic," katanya.

 

Kunjungan rombongan Kaltim diterima Plt Kepala DPMD Bulukumba didampingi perwakilan DLH Bulukumba, kepala desa, dan kepala adat setempat.

 

Hadir bersama Roslindawaty Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Mariah dan Helvin Syahruddin, Perkumpulan PADI Ahmad SJA, Yayasan Bioma Akhmad Wijaya, serta dari DPMD Kabupaten Kutai Kartanegara, DPMD Paser, DPMK Kutai Barat, DPMK Mahakam Ulu, serta Kepala Desa dan Ketua Adat dua MHA yang ada di Kaltim. (DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 34 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023