DPMPD Coba Bangun Sinergi Perecepatan Pembangunan MHA Kaltim
04 Januari 2022 Arif Maulana Berita 1267
DPMPD Coba Bangun Sinergi Perecepatan Pembangunan MHA Kaltim

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mencoba membangun sinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltim terkait dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di Wilayah Kesatuan Masyarakat Hukum Adat (MHA) di Provinsi Kaltim.

 

“Ini sesuai komitmen Pak Wagub (Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi,Red) saat menerima audiensi perwakilan MHA Muluy bersama jajaran DPMPD Kaltim beberapa waktu lalu. Beliau komit siap mendukung pembentukan MHA di kabupaten se Kaltim dan pembinaan MHA yang sudah terbentuk,”kata Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin seusai mengunjungi beberapa OPD Kaltim terkait, Senin (4/1).

 

Percepatan pembangunan di Wilayah Kesatuan MHA di Provinsi Kaltim dimaksud, kata Iyad sapaan akrab M Syirajudin tidak dapat dilakukan sendiri, melainkan harus bersinergi dengan OPD terkait lainnya.

 

Utamanya dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat sebagaimana disampaikan perwakilan MHA Muluy, Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser kepada Wagub Kaltim.

 

Seperti diketahui, masyarakat yang berkomitemen menjaga adat istiadat dan hutan adatnya tersebut mengusulkan permohonan bantuan pembangunan rumah singgah di ibu kota kecamatan untuk memudahkan sekolah ke jenjang menengah, pemenuhan ketersedian listrik, infrastruktur jalan, hingga ketersedian imam.

 

“Disposisi Pak Wagub segera tindak lanjuti berkoordinasi dengan OPD terkait lainnya. Bahkan beliau mengaku siap menemui masyarakat Muluy. Ini mendasari kita mengunjungi OPD terkait untuk mensinergiskan program menyasar ke sana,”ujarnya.

 

Setidaknya terdapat 15 OPD terkait yang akan dikunjungi seacara bertahap. Pertama, DPMPD mengunjungi Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim, Dinas Kehutanan Kaltim, Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim, dan Dinas Perkebunan Kaltim.

 

Secara umum lima OPD yang dikunjungi menyatakan kesiapannya mendukung pembinaan MHA, khususunya MHA Muluy.

 

Distamben siap mengalokasikan pembangunan PLTS untuk pemenuhan ketersedian listrik, DLH terkait program kampung iklim, dan Dinas Kehutanan mendukung pembinaan pelatihan gaharu dan kelulut.

 

Kemudian Biro Adbang terkait rencana pembangunan rumah singgah dan koordinir kunjungan Wakil Gubernur Kaltim serta Dinas Perkebunan terkait bantuan bibit karet, aren, pala, hingga paket pelatihan budidaya gula aren dan gula semut hingga pemasarannya.

 

Selain MHA Muluy, Wagub Kaltim juga bakal mengunjungi MHA Paring Sumpit, Desa Muara Andeh, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser.

 

Diakui DPMPD Kaltim saat ini berupaya Menyusun Desain Induk (Grand Design) Percepatan Pembangunan Desa di Wilayah Kesatuan MHA Kaltim “Satu Data”.

 

Upaya ini merupakan langkah Pemprov Kaltim dalam melaksanakan implementasi target SDGs Desa tujuan ke 18 ”Kelembagaan Dinamis dan Budaya Desa Adaftif”. (DPMPD Kaltim/gus/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini 28
Halaman Dikunjungi Hari Ini 47
Total Pengunjung 136243
Total Halaman Dikunjungi 1200852
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1200852
Bulan ini : 9750
Hari ini : 48

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021