DPMPD Coba Liat Peluang Kolaborasi Kegiatan Bidang Nakertrans
25 Mei 2022 Arif Maulana Berita 5892
DPMPD Coba Liat Peluang Kolaborasi Kegiatan Bidang Nakertrans

MALANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mengutus Sekretaris dan Kasubag Perencanaan Program menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) yang dihela Disnakertrans Kaltim, di Hotel Kapal Garden Malang Jawa Timur, Senin (25/5/2022).

 

Kehadiran tersebut untuk mencoba melihat peluang kolaborasi kegiatan Bidang Nakertrans yang bisa dilakukan dalam pencapaian Visi Berani Untuk Kalimantan Timur Berdaulat sesuai rencana strategis instansi masing-masing.

 

“Hubungan DPMPD dan Disnakertrans boleh dibilang seperti kakak beradik, karena secara nasional kementeriannya sama. Salah satu urusan Disnakertrans, yakni ketransmigrasian masuk dalam Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT),”aku Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin melalui Sekretaris Eka Kurniati.

 

Terpenting, sambung dia lokasi kerjanya berkaitan erat dengan perdesaan. Karenanya dia berharap ada hal-hal yang bisa dikerjasamakan atau minimal disinkronkan dengan program kerja DPMPD.

 

Dia beraharap dukungan intervensi Disnakertrans untuk menyasar desa-desa target peningkatan status Indeks Desa Membangun (IDM) dari desa tertinggal menjadi minimal berkembang.

 

Seperti diketahui DPMPD dalam rencana strategisnya yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2019 -2023 menargetkan meningkatkan status 150 desa dari 518 desa sangat tertinggal dan tertinggal menjadi minimal berkembang.

 

Seperti diketahui dari 841 desa se Kaltim masih terdapat satu desa berstatus sangat tertinggal. Selebihnya 54 desa tertinggal, 387 desa berkembang, 312 desa maju, dan 87 desa mandiri.

 

Rakor mengusung tema "Sumber Daya Manusia Kalimantan Timur yang Kompeten Siap Menyongsong IKN" ini  dibuka Gubernur Kaltim Isran Noor.

 

Dalam sambutannya Isran menegaskan rakor sangat penting dan strategis karena upaya dalam membangun koordinasi dan memberikan informasi menciptakan keterpaduan dan kerja sama dalam rangka mewujudkan pembangunan daerah khususnya bidang keternagakerjaan dan ketransmigrasian di Provinsi kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 23 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023