DPMPD Dampingi Kunjungan Lapangan Juara Lomdeskel Regional III
01 November 2019 Admin Website Berita 6495
DPMPD Dampingi Kunjungan Lapangan Juara Lomdeskel Regional III

YOGYAKARTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mendampingi Kepala Desa dan Lurah Juara Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Regional III tahun 2019.

Tim yang mendampingi dikomdandoi Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan DPMPD Kaltim, Noor Fathoni beserta Pejabat dan Staf terkait di Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan, maupun Pejabat Membidangi Sub Bagian Perencanaan Program.

Mereka mendapingi Lurah Teritip Juara I Lomdeskes Regional III 2019 dan Kepala Kampung Batu Putih yang merupakan Juara II Lomdeskel Regional III 2019.

“Kunjungan Lapangan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2019 dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia,” ujar Noor Fathoni, Jumat (1/11).

Menurutnya, kunjungan dilakukan mulai Selasa  (31/10) diawali mengunjungi Desa dan Kelurahan Juara Lomba Desa dan Kelurahan di Regional II (Jawa-Bali) yaitu Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul.

Kemudian dilanjutkan mengunjungi kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta sebagai salah satu Desa dan Kelurahan yang telah menerapkan layanan Berbasis Digital.

Layanan digital dimaksud antara lain Pelayanan Terpadu 1 (satu) pintu, Sistem antrian berbasis digital, Layanann Administrasi online (pengaduan Online, Sistem informasi pertahanan), Sistem Peringatan Dini Banjir, Survey Pelayanan Publik, dan Penerapan "One Pedukuhan One Product".

Rombongan melakukan kunjungan dipimpin oleh Direktur Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Kemendagri, Dr. Eko Prasetyanto PP,M.Si, MA).

Dalam sambutannya, Eko menyampaikan Kepala Desa dan Lurah juara akan belajar tentang inovasi yang telah dilakukan oleh Desa Srimulyo dan Kelurahan Cokrodiningrat dalam menjaga Budaya dan Adat Lokal, serta dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Diharapkan wawasan yang didapatkan dapat ditiru atau bahkan dikembangkan lebih baik lagi untuk menjawab permasalahan dan memenuhi kebutuhan di wilayah kerja masing-masing,” katanya.

Dengan demikian perlu dipahami bahwa salah satu esensi penting dalam kegiatan kali ini selain untuk memperluas wawasan namun juga dapat digunakan sebagai sharing knowledge, antara para pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional tahun 2019.

Bahkan diharapkan semua wawasan dan pengetahuan yang diperoleh di sebarluaskan ke Kelurahan dan Desa yang ada di Wilayah masing-masing.(DPMPD Kaltim/kasma/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023