DPMPD Dukung Gerakan Aksi Bersih Pantai Pulau Maratua
22 Desember 2021 Arif Maulana Berita 1266
DPMPD Dukung Gerakan Aksi Bersih Pantai Pulau Maratua

MARATUA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mendukung pelaksanaan Gerakan Aksi Bersih Pantai Pulau Maratua, Kabupaten Berau yang menjadi pemungkas rangkaian kunjungan kerja Gubernur Kaltim ke wilayah utara Kaltim, 17 -23 Desember 2021.

 

Aksi bersih-bersih tersebut dipercayakan pelaksanaannya dikoordinir DPMPD Kaltim dengan dukungan dan fasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampun (DPMK) Berau dan Kecamatan Maratua.

 

“Alhamdulilah berjalan lancar. Pak Gubernur (Gubernur Kaltim Isran Noor,Red) bahkan terlihat gembira membaur bersama-sama ibu. Beliau bilang betah berkumpul ibu-ibu karena bertepatan Peringatan Hari Ibu,” sebut Sekretaris DPMPD Kaltim Eka Kurniati melalui pesan WhatsApp yang disampaikan, Rabu (22/12).

 

Menurutnya aksi bersih-bersih sampah tersebut tidak lain sebagai bentuk menjaga kelestarian lingkungan, kebersihan, dan keindahan Pulau Maratua sebagai salah satu objek wisata unggulan Kaltim.

 

DPMPD diberi tanggung jawab mengkoordinir, karena lokasi kegiatan di desa/kampung. Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa/kampung menjadi tugas dan fungsi DPMPD Kaltim.

Selain itu, DPMPD juga punya peran mendukung program kemitraan pengurangan emisi karbon berbayar Forest Carbon Partnership Fasility Carbon Fund (FCPF-CF) 2020-2024 yang dibiayai Bank Dunia. Pelaksanaannya melalui program Kampung Iklim + berupa pelaksanaan pembangunan desa berwawasan lingkungan.

 

“Ini juga menjadi indikator komposit penilaian status Indeks Desa Membangun (IDM), khususnya terkait Indek Ketahanan Lingkungan,” jelasnya.

 

Tidak luput dari dukungan Provinsi Kaltim terhadap kebijakan nasional pengembangan Desa Wisata (Dewi) di wilayah Kaltim.

 

Pada kesempatan itu Gubernur Kaltim Isran Noor mengaku bersyukur diadakannya gerakan aksi bersih Pantai Maratua. Dia berharap masyarakat memiliki kesadaran terhadap kebersihan, karena menjaga lingkungan menjadi kewajiban setiap manusia

 

“Pulau Maratua harus terjaga kebersihannya, karena sudah terkenal di seluruh dunia,”katanya.

 

Meskipun sampah yang ada di pulau ini berasal dari para wisatawan luar daerah tapi masyarakat dan  kita semua bersihkan sampah, agar pulau Maratua yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kaltim tetap bersih.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 161038
Total Halaman Dikunjungi 1434098
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1434098
Bulan ini : 30227
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021