DPMPD Fasilitasi Rencana Pembentukan Forkom KPMD/K
12 April 2021 Arif Maulana Berita 6307
DPMPD Fasilitasi Rencana Pembentukan Forkom KPMD/K

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim memfasilitasi rencana pembentukan Forum Komunikasi (Forkom) Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (KPMD/K) Provinsi Kaltim.

Pembentukan Forkom KPMD/K akan menghadirkan perwakilan kabupaten/kota se Kaltim dalam nuansa ngobrol bareng yang direncanakan dilaksanakan, di Samarinda, minggu kedua April 2021.

“Kita berencana membentuk Forkom KPMD/K Provinsi Kaltim. Hari ini kita kumpulkan perwakilan kabupaten/kota untuk membahas persiapan pembentukannya,”ujar Kepala DPMPD Kaltim melalui Kabid Pemberdayaan kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat yang diwakili Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Masyarakat Helvin Syahruddin saat membuka Rapat Persiapan Pembentukan Forkom KPMD/K Provinsi Kaltim secara virtual, Senin (12/4).

Sebagai tindak lanjut, DPMPD Kaltim akan kembali bersurat ke kabupatan/kota untuk mengusulkan dua nama yang akan menjadi perwakilan sebagai anggota Forkom KPMD/K.

Nantinya Forkom KPMD menjadi rumah berkumpul dan berkomunikasinya KPMD/K se Kaltim. Membahas permasalahan yang dijumpai untuk diselesaikan bersama.

Bahkan perannya diharap kedepan lebih optimal sebagai mitra pemerintah desa/kelurahan dalam merencanakan, melaksanakan, hingga mengawasi pembangunan desa.

“Boleh dikatakan mereka sebagai pendamping. Jadi saat program pusat terkait pendampingan desa berakhir, desa tetap ada pendampingan,”katanya.

Hanya saja perlu komitmen bersama memberikan perhatian bagi KPMD/K berupa penganggaran biaya operasional termasuk honorarium kegiatannya.

“Pesan pimpinan bentuk saja dulu. Sedangkan untuk pelaksanaan pembinaannya kita bisa belajar dengan Provinsi Jawa Timur yang lebih dulu membentuk Forkom KPMD/K. Kalau kita berhasil Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mau mencontoh,”katanya.

Helvin memimpin rapat didampingi Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (TA P3MD) Provinsi Kaltim Syafrudin. Secara virtual rapat diikuti DPMD maupun instansi membidangi pemerintahan kabupaten/kota se Kaltim dan TA P3MD Provinsi Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023