DPMPD GELAR PELATIHAAN PENGELOLA BUMDES
DPMPD GELAR PELATIHAAN PENGELOLA BUMDES

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), bertempat di Hotel Haris, tanggal 21 hingga 24 Mei mendatang. Total 45 pengelola Bumdes hadir sebagai peserta dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kabupaten Paser dan Kabupaten Berau.

 

Pembukaan Pelatihan yang digelar minggu malam ini dibuka secara resmi oleh Anwar Sanusi Kepala DPMPD. Menurut Anwar, saat DPMPD terus mendorong agar BUMDes memiliki sertifikat badan hukum, agar keberadaan BUMDes diakui secara legal oleh Kementerian yang memang memiliki kewenangan menetapkan badan hukum serta memiliki unit usaha yang sesuai dengan klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia. Ia berjanji akan terus mengusahakan agar tahun depan Bantuan Keuangan untuk Bumdes  ditambah. Ucapan anwar tersebut disambut riuh tepuk tangan para peserta yang hadir.

 

“Bumdes harus berbadan hukum, jika sudah berbadan hukum tahun depan diusahakan ditambah bantuan keuangan Bumdesnya” ucap Anwar.

 

Hal yang turut menjadi perhatian Anwar terkait Bumdes adalah agar para pengelolanya intens berkomunikasi dengan pihak swasta dalam hal ini perusahaan. Karena salah satu cara memajukan Bumdes melalui dana CSR (corporate social responsibility).

 

“Bumdes ini agar berkomunikasi dengan perusahaan, tawarkan kepada mereka potensi yang Bumdes miliki. Misalnya catering, perusahaan agar menyerahkan pengelolaanya ke Bumdes, atau usaha Laundry karyawan bisa dihandle oleh Bumdes” tambah Anwar.

 

Diakhir materi, Kepala DPMPD tersebut berpesan kepada peserta Peningkatan Kapasitas Pengelolaan BUMDes agar mengikuti kegiatan yang akan berlangsung tiga hari itu dengan seksama. agar ilmu yang diperoleh bisa diaplikasikan di desa para peserta setelah pelatihan.

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023