DPMPD Hadiri Peluncuran Integrasi Layanan Primer dan Penguatan Perencanaan Pembangunan Kesehatan
01 September 2023 Arif Maulana Berita 4908
DPMPD Hadiri Peluncuran Integrasi Layanan Primer dan Penguatan Perencanaan Pembangunan Kesehatan

JAKARTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim menghadiri Peluncuran Integrasi Layanan Primer dan Penguatan Perencanaan Pembangunan Kesehatan yang dilakukan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Grand Ballroom JIEXPO Convention Center Jakarta, Kamis (31/9/2023)

 

Dikatakan Sekretaris DPMPD Eka Kurniati, konsep integrasi layanan primer seperti dijelaskan Menteri Kesehatan membangun masyarakat Indonesia sehat dan fokus pada upaya promotif dan preventif.

 

“Ini langkah revitalisasi dari ide para pendahulu. Pendiri puskesmas di tahun 1969 dan pendiri posyandu di tahun 1986,” sebutnya.

 

Transformasi kesehatan primer akan berfokus pada tiga hal, penerapan siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan kesehatan sehingga kedepan lebih memperhatikan setiap siklus hidup yang membutuhkan layanan apa, dan layanan itu yang kita standarkan dan diberikan

 

Kemudian berfokus untuk mendekatkan layanan kesehatan mulai dari perangkat desa hingga ke tingkat dusun. Termasuk untuk memperkuat upaya pencegahan promotif preventif seperti skrining penyakit atau deteksi dini penyakit.

 

Lembaga pelayanan Kesehatan tingkat kecamatan puskesmas, tingkat desa/kelurahan puskesmas pembantu, tingkat dusun posyandu, dan kunjungan ke rumah

 

Terakhir, memperkuat pemantauan wilayah melalui digitalisasi dan pemantauan melalui dashboard situasi kesehatan di setiap desa. Dengan kata lain, seiring perkembangan zaman, maka cara penyampaian promosi kesehatan dan pencegahan penyakit pun sudah berbeda.

 

Langkah revitalisasi juga menyasar pada digitalisasi layanan di fasilitas primer. Upaya promotif dan preventif ini perlu disebarluaskan melalui media yang banyak digunakan oleh masyarakat.

 

Ujicoba Integrasi Layanan Primer dilakukan yang dilakukan bertahap di 9 lokus puskesmas di wilayah  Sumatera Selatan, Jawa Barat (Bupati Garut), Jawa Timur (Walikota Surabaya), Kalimatan Selatan (Wakil Bupati Banjar), Sulawesi Selatan (Wakil Bupati Maros), NTT, NTB (Bupati Sumbawa Barat), Maluku (Walikota Tual), dan Papua (Bupati Timor Tengah Selatan).

 

Launching Nasional Integrasi Layanan Primer dengan penyerahan simbolis petunjuk teknis integrasi pelayanan kesehatan primer dari kementerian dalam negeri kepada perwakilan daerah (Gubernur Sumatra).

 

Pada kesempatan itu juga dilakukan Penandatanganan MOU Sinergitas Transformasi Kesehatan oleh 3 kementerian yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Desa PDTT, dan Kementerian Dalam Negeri.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 33 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023