DPMPD Hadiri PENAS KTNA XVI di Padang
DPMPD Hadiri PENAS KTNA XVI di Padang

Padang. DPMPD Provinsi Kalimantan Timur melalui Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda (PSM - AM) Pengembangan Kapasitas Masyarakat, Helvin Syahrudin menghadiri acara PENAS KTNA XVI Tahun 2023 di Provinsi Sumatra Barat, Kota Padang, Senin (12/6/2023).

 

Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI Sumatera Barat (Sumbar) dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo yang diwakili Menko Perekonomian Arlangga Hartato secara daring yang terpusat di Lanud Sutan Sjahrir.

 

Forum akbar Penas ini berlangsung selama 6 hari (10-15 Juni 2023) diikuti kurang lebih 23.000 peserta se tanah air yang terdiri dari petani, nelayan, pemuda tani, penyuluh, peneliti, stakeholder, masyarakat umum, petani ASEAN. Sementara Povinsi Kalimantan Timur mengirimkan utusan peserta sebanyak 1.301 orang.

 

Rangkaian acara perhelatan pertemuan para petani nelayan senusantara ini yaitu pameran pertanian serta gelar teknologi pertanian yang menampilkan berbagai kemajuan teknologi pertanian dan perikanan tanah air, selain itu Temu Wicara, Temu Profesi penggiat pertanian,perikanan,kehutanan, perkebunan dan Duta Petani, selanjutnya rangkaian acara dilanjutkan melalukan studi pintar ke Kabupaten Sawa Lunto, Tanah Datar dan Kota Bukit Tinggi.

 

Untuk Stand Provinsi Kalimantan Timur menampilkan Produk UMKM binaan DPTPH dan Dinas Perikanan, sementara untuk Kabupaten Kota yang mengisi stand yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Bontang. Untuk binaan DPMPD Prov Kaltim sendiri dihadiri oleh Pengurus Forum KPMD Kaltim dari Desa Batuah Bapak Agus Priono selaku pendamping PPL dan Penggiat Kelompok Pertanian Wanita Desa Loa Duri Ulu. Dan yang lebih istimewa adalah, orang nomor satu di Benua Etam hadir ditengah-tengah peserta yang menambah semangat para wakil Kaltim selama rangkaian kegiatan. 

 

Selanjutnya, PENAS XVII akan dilaksanakan di Provinsi Gorontalo Tahun 2026. Sebagai informasi tambahan bahwa pagelaran PENAS KTNA ini dilaksanakan setiap 4 tahun sekali. Namun dikarenakan Pandemi Covid 19 maka PENAS KTNA XVI yang seyogianya dilaksanakan pada tahun 2022 kemarin baru dapat digelar pada tahun 2023 di Kota Padang "SUBAR". (DPMPD-Der)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 33 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023