DPMPD Kaltim Dorong Desa Kerjasama Kemitraan Pertashop
25 November 2020 Admin Website Berita 7210
DPMPD Kaltim Dorong Desa Kerjasama Kemitraan Pertashop

KUTAI BARAT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mendorong desa untuk melirik peluang usaha yang dapat meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat desa. Diantaranya didorong untuk mencoba peluang kerjasama kemitraan mendekatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan BBM Non Bersubsidi di desa melalui Pertashop.

“Ini peluang yang perlu dilirik. Selain membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan BBM di desanya, juga sekaligus diharap menjadi penggerak perekonomian masyarakat desa,”ujar Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin melalui Kabid Pemdeskel Kasmawati saat mengunjungi Pertashop Kampung Jengan Danum, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Rabu (25/11).

Menurutnya kepala desa bisa menggunakan dana desa untuk penyertaan modal BUMDes dalam mengembangkan kerjasama kemitraan Pertashop. Terpenting terpenuhinya beberapa persyaratan seperti ketersediaan lahan cukup dan ditunjang ketersedian akses listrik stabil.

Bila terwujud, tentu akan membuka peluang kesempatan kerja bagi masyarakat desa yang menganggur sebagai operator maupun wakar menjaga keamanan asset Pertashop.

Dan tentunya masyarakat bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan BBM tanpa harus pergi ke kota atau ke desa tetangga yang membutuhkan waktu dan banyak biaya.

Seperti Pertashop Kampung Jengan Danum. Dia mengapresiasi gerak cepat yang diambil pemilik Pertashop. Perhari Pertashop ini mampu menjual BBM Non Bersubsidi mencapai 500 – 800 liter dari total kuota mencapai 3.000 liter yang diberikan dengan jam operasional 07.00 – 17.00 Wita.

Sekalipun Pertashop tersebut masih dimiliki perorangan dan hanya bekerjasama dengan Kampung Jengan Danum.

“Makanya kalau bisa langsung dikelola BUMDes/BUMKam agar masyarakat yang langsung menikmati. Silahkan koordinasikan dengan DPMD/DPMK setempat terkait terknis pelaksanaannya,”ajaknya.

Untuk 2020 Pertashop ditargetkan dibangun sebanyak 4.308 unit, sudah terbangun dan beroperasi sekitar 527 unit tersebar di seluruh Indonesia. Pertashop menjual BBM non subsidi, gas non subsidi, termasuk pelumas. Namun kedepan, Pertashop direncanakan akan menjadi entitas bisnis di tingkat desa, dengan pengembangan menjadi tempat menjual hasil desa, UMKM dan lainnya atau one stop shopping. (DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023