DPMPD Kaltim Gandeng PT. Kutai Energil Wujudkan Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Desa
19 November 2021 Arif Maulana Berita 6996
DPMPD Kaltim Gandeng PT. Kutai Energil Wujudkan Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Desa

SAMARINDA - Mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Masyarakat Helvin Syahruddin, SE, MSi menerima kunjungan PT. Kutai Energi, di Kantor DPMPD Kaltim, Jumat (19/11/2021).

 

Atas nama Kepala DPMPD, Helvin menyambut baik dan mengapresiasi upaya PT. Kutai Energi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarkat sekitar tambang melalui program pemberdayaan CSR. 

 

"Upaya PT. Kutai Energi ini sangat sejalan dengan tujuan SDGs Desa ke 17 yaitu Kemitraan untuk Pembangunan Desa. Dimana warga dan pihak pihak lain menekankan kemitraan yang berguna untuk kemajuan Desa, " katanya.

 

Keberadan perusahaan tambang bukan hanya memiliki kontribusi yang besar kepada perekonomian negara. Namun juga, kehadiran perusahaan tambang harus memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat yang ada di sekitar daerah pertambangan, ujar helvin.

 

Supervisor Ekonomi Kreatif Departemen External, LC & CSR PT Kutai Energi, Parwito mengatakan bahwa PT. Kutai Energi memiliki sasaran Program CSR Ring 1 di Desa Tani Harapan, Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten dan 1 Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Melalui Program CSR, pihaknya sampai saat ini telah mampu memfasilitasi warga sekitar tambang mengembangkan 40 jenis produk unggulan, salah satunya olahan saus lada hitam, lada bubuk hitam dan putih.

 

Selain itu juga membantu membudidayakan madu kelulut, allhamdulillah permintaan madu kelulut di desa tani harapan sangat laku penjualannya dan desa tani harapan sering mendapatkan kunjungan dari berbagai pihak untuk belajar membudidayakan madu kelulut, kedepan kami juga berkeinginan untuk mengembangkan tanaman atsiri untuk ditanam dilahan ex tambang.

 

Direktur PT. NRH Atsiri Nanang Nur Hakim, menjelaskan bahwa tanaman atsiri yang sangat cocok dibudidayakan di lahan ex tambang ialah serai wangi, tanaman ini sangat cocok ditanam dilahan ex tambang karena serai wangi salah satu tanaman yang sangat kuat dari serangan hama dan perawatannya mudah.

 

Hasil olahan dari serai wangi dapat di olah berbagai macam produk turunan seperti sabun mandi, aroma terapi,balsem dan minyaknya sendiri. Dari segi pemasaran, pihaknya siap menampung hasil olahan dari tanaman serai wangi, artinya tidak perlu lagi bingung mencari pembeli ujarnya.(DPMPD Kaltim/Bagus/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023