DPMPD Kaltim Sasar KPM dan Pokmas Loa Ipuh Darat Target Pembinaan
09 Juni 2021 Arif Maulana Berita 7173
DPMPD Kaltim Sasar KPM dan Pokmas Loa Ipuh Darat Target Pembinaan

TENGGARONG -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim menyasar Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai target sasaran pembinaan.

 

"Ini program pembinaan kita dalam upaya mengembangkan SDM di perdesaan dan kelurahan. Peran Kader Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan sangatlah penting untuk menggerakan masyarakat, terutama dalam hal pengembangan potensi yang ada," ujar Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin melalui Kapala Seksi Pengembangan Kapasitas Masyarakat DPMPD Kaltim Helvin Syahrudin, Rabu (9/6).

 

Lebih lanjut Helvin mengatakan keberadaan KPM dikelurahan juga dapat menjembatani kelompok masyarakat untuk menjual hasil bumi yang ditanam oleh masyarakat. Jadi masyarakat tidak perlu lagi bingung mau jual kemana ketika kelompok tani panen.

 

Lurah Loa Ipuh Darat Ambo Dalle  menjelaskan bahwa Kelurahan yang ia pimpin memilki Luas wilayah 142,5 km2, dengan jumlah penduduk sebanyak 3287 jiwa dan 13 RT.

 

Mayoritas masyarakat Loa Ipuh hampir sebagain besar petani palawija dan perkebunan kelapa sawit, dulunya di Loa Ipuh Darat memang ada banyak perusahaan tambang, tetapi saat ini perusahaan tambang tersebut sudah tutup saat ini hanya tersisa lahan ex tambang saja.

 

Lurah Loa Ipuh Darat menginginkan agar lahan ex tambang tersebut dapat digunakan untuk menanam tanaman yang bisa membantu peningkatan perekonomian warganya, pihaknya pun sudah meminta izin kepada Pemerintah Kabupaten untuk meminjam pakai sementara.

 

Ambo Dalle menambahkan bahwa hasil bumi yang ada di kelurahan loa ipuh darat hampir sebagian besar di jual ke Kota Tenggarong, Samarinda bahkan sampai ke Kutai Barat.

 

Di wilayah yang ia pimpin saat ini, selain memiliki potensi di bidang pertanian dan perkebunan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuka tempat wisata kebun durian, kebun durian ini dimiliki oleh satu warganya.

 

Hanya saja melalui tempat wisata ini nantinya akan melibatkan warga setempat dalam mengelola wisata kebun durian ini.

 

Selain kebun durian ada juga kolam pemancingan, sawah, dan buah-buahan lokal. berharap dengan adanya wisata kebun durian ini nantinya dapat meningkatkan perekonomian bagi warga dikelurahan loa ipuh darat.(DPMPD Kaltim/bagus/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023