DPMPD Kaltim terima sowan dari DPMD Kaltara terkait Pengembangan Kawasan Perdesaan
DPMPD Kaltim terima sowan dari DPMD Kaltara terkait Pengembangan Kawasan Perdesaan

Samarinda. Senin (29/5) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kalimantan Timur menerima kunjungan dari DPMD Provinsi Kalimantan Utara yg dipimpin oleh  kepala dinas Edy Suharto. Kunjungan diterima langsung oleh Kepala DPMPD Anwar Sanusi, berserta PSM ahli muda Isnawati dan Esthi Susila Rini.


Kunjungan dilakukan dalam rangka koordinasi terkait pengembangan pembangunan kawasan perdesaan, dimana secara tipologi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara memiliki karakteristik pengembangan wilayah yang sama. Khususnya tentang pengembangan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Provinsi Kaltim di Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Berau yang ditetapkan berdasarkan penilaian Kemendes PDTT RI.

 

Eshi menyampaikan, bahwa di Kalimantan Timur fokus kegiatan pengembangan kawasan ada di Kutai Timur yakni berupa budidaya aren genja, budidaya tanaman pangan, perkebunan, produksi gula aren, serta ekowisata terpadu yang melibatkan lima desa yaitu Desa Sangatta Selatan, Sangkima, Teluk Sangkima, Desa Teluk Pandan dan Desa Kandolo. Sementara untuk di Kabupaten Berau, berupa Perdesaan Minapolitan Udang dan Bandeng yang meliputi lima desa di Kecamatan Pulau Derawan, diantaranya Kampung Kasai, Tanjung Batu, Pulau Derawan, Teluk Semanting, dan Kampung Pegat Betumbuk.

 


Esthi juga menyampaikan beberapa program/kegiatan yang menunjang pengembangan pembangunan kawasan perdesaan di Provinsi Kalimantan Timur diantaranya kegiatan expose kerjasama desa dengan pihak ketiga yang baru saja dilaksanakan di Kabupaten Berau dan kegiatan Focuss Group Discussion  percepatan pembangunan desa di Kabupaten Kutai Kartanegara. Ditambahkan Esthi bahwa kedua kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang berkompeten dan best practice pengembangan kawasan perdesaan. (DPMPD/ky)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023