DPMPD Lanjut Studi Tiru ke Desa Wisata Pujon Kidul
03 Juni 2021 Arif Maulana Berita 7061
DPMPD Lanjut Studi Tiru ke Desa Wisata Pujon Kidul

MALANG -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan (DPMPD) Kaltim melanjutkan rangkaian kunjungan kerja dalam rangka studi tiru lanjut mengunjungi Desa Wisata Pujon Kidul, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (3/6).

 

Disini rombongan disambut baik Kepala Desa Pujon Kidul Udi Hartoko beserta jajarannya. Termasuk dari DPMD Kabupaten Malang yang dihadir Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat Diastutiyani.

 

Pada kesempatan ini Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin mengungkapkan kekagumannya terhadap pengembangan Desa Wisata Pujon Kidul.

 

"Seperti dikatakan pak kades tadi pengembangan desa sesuai dengan visi misi desa dan keinginan kuat untuk memajukan masyarakat desa, " katanya mengulas paparan kepala desa pujon kidul.

 

Diawali pembentukan BUMDes Pujon Kidul pada awal 2015 dengan pembiayaan dana desa. Kemudian bergerak merajut kesuksesan untuk kemajuan desa.

 

Langkah pengembangan potensi desa diawali pemetaan potensi dan masalah desa, masterplan desa, dan sinergitas stakeholder.

 

Khusus sinergitas desa terdapat 5 pilar yakni membangun kepercayaan, keterbukaan informasi pembangunan, pengelolaan potensi sesuai kebutuhan masyarakat, fokus pada pemberdayaan masyarakat dan melestarikan nilai kearifan lokal desa, serta regenerasi (keterlibatan generasi muda).

 

Desa Pujon Kidul mempunyai 11 unit usaha BUMDes yang dikembangkan mulai dari produk oleh oleh, cafe, wisata, peternakan, perkebunan, penginapan dan lainnya.

 

Akhirnya beberapa reward dan penghargaan pun mendarat untuk desa pujon, seperti desa inspiratif, ASEAN homestay dan penghargaan penghargaan bergengsi lainnya.

 

Dewasa ini beberapa menteri mengunjungi langsung desa pujon, seperti menteri desa, menteri umkm, hingga berbagai elemen mulai datang mengunjungi desa wisata ini. (DPMPD Kaltim/Ard/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023