DPMPD Libatkan Lintas Sektor Dorong Mapulu Jadi Desa Berkembang
26 Juli 2023 Arif Maulana Berita 4862
DPMPD Libatkan Lintas Sektor Dorong Mapulu Jadi Desa Berkembang

BERAU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim disebut bakal melibatkan lintas sektor terkait dalam mendorong peningkatan status Indeks Desa Membangun (IDM) Kampung Mapulu, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau dari desa tertinggal menjadi berkembang.

 

“Ini bisa dilakukan jika banyak pihak yang dilibatkan. Makanya kita ke sini (Mapulu,Red) mengajak OPD terkait seperti Dinas PUPR, Disdikbud, Disnakertrasn, Disperindagkop, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan, Biro Kesra Setprov Kaltim, serta dari Kabupaten Berau,” ujar Kepala DPMPD Kaltim melalui Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Aswan saat melakukan kunjungan ke Kampung Mapulu, Rabu (26/7/2023).

 

Kampung Mapulu, kata dia satu-satunya desa/kampung di Kabupaten Berau yang masih menyandang status desa tertinggal. Dengan keterlibatan lintas sektor diharap dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang menjadi indicator pengungkit peningkatan status IDM.

 

Setidaknya,sambung dia, pada tahun 2024 Kampung Mapulu sudah harus naik status minimal menjadi desa berkembang.

 

Kunjungan Bersama lintas sektor sendiri aku dia untuk menginventarisir indikator yang harus dilakukan intervensi untuk mendongkrak desa tertinggal menjadi desa berkembang. Setidaknya terdapat tiga indikator komposit dalam penetapan status IDM, yakni sosial, ekonomi, maupun lingkungan.

 

Nantinya setiap OPD melakukan intervensi sesuai dengan tugas dan kewenangan mereka, sehingga setelah dilakukan penanganan, maka akan dapat mendongkrak nilai Indeks Desa Membangun (IDM).

 

Sedangkan sejumlah indeks ketahanan yang nilainya rendah di Kampung Mapulu antara lain karena belum ada dokter, belum ada bidan, tenaga kesehatan lainnya pun tidak ada, jarak tempuh menuju SMP 12.000 meter, jarak tempuh menuju SMA 12.000 meter.

 

Desa ini juga belum memiliki perpustakaan desa. Namun dalam kunjungan ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kaltim menyerahkan 154 buku atau sebanyak 77 judul buku pengetahuan umum, sehingga dari kampung setempat akan membuat perpustakaan desa, sehingga nilainya akan naik.

 

Kampung ini juga belum memiliki ruang publik, belum terdapat listrik desa, namun desa ini sudah terdapat sinyal internet yang baru saja tersambung, sementara saat pendataan beberapa bulan lalu, kampung ini belum terlayani internet sehingga dari sisi ini pun nilainya akan naik.

 

Kampung yang baru 2020 lalu pindah dari wilayah Kampung Merabu ke dekat Kampung Panaan tersebut masih dalam proses pembangunan perkampungan, sehingga belum semua infrastruktur terpenuhi, termasuk belum ada pendidikan anak usia dini (PAUD), dan belum ada pasar maupun toko kelontong.

 

"Namun dengan adanya kunjungan yang melibatkan banyak pihak hari ini, bahkan adanya komitmen pihak terkait untuk membantu pembangunan di tahun depan. Kami optimis pada 2024 Kampung Mapulu bisa terdongkrak menjadi desa berkembang," kata Aswanda.(DPMPD Kaltim/*/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023