DPMPD Masuk 14 OPD Terima Reward Evaluasi Implementasi SIDA
16 Agustus 2022 Arif Maulana Berita 5507
DPMPD Masuk 14 OPD Terima Reward Evaluasi Implementasi SIDA

BALIKPAPAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim menjadi salah satu dari 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penerima reward evaluasi implementasi Sistem Informasi Digital Administrasi (SIDA) yang dilakukan Diskominfo Kaltim.

 

Reward diserahkan Kepala Diskominfo Kaltim M Faisal kepada Kepala DPMPD Kaltim yang diwakili Pejabat Fungsional Perencana Ahli Muda Siti Qomariah, di Hotel Golden Tulip Balikpapan, Senin (15/8/2022).

 

Dikatakan Siti Qomariah evaluasi implementasi SIDA baru pertama kali dilaksanakan sebagai tindak lanjut penerapan aplikasi SIDA tata naskah digital yang dilakukan sejak tahun 2018. Kemudian aplikasi ini diluncurkan 12 April 2021 dengan penambahan fitur-fitur sebagai penyempurnaan  aplikasi,

 

“Salah satu fitur yaitu kemampuan tanda tangan elektronik sebagai pengganti tanda tangan basah. Tanda tangan elektronik ini sebagai tindak lanjut dari kerjasama Diskominfo dengan Balai Sertifikasi Elektronik pada tanggal 22 Mei 2021 tentang pemanfaatan sertifikat elektronik di lingkungan Pemprov Kaltim,” katanya.

 

Tujuannya sebagai gambaran umpan balik mengenai pemanfaatan aplikasi SIDA perangkat daerah sehingga menjadikan bahan untuk melakukan perbaikan selanjutnya,

 

Selain itu untuk mendorong perangkat daerah yang belum menggunakan tata naskah digital agar dapat melaksanakan tanda tangan elektronik.

 

Tercatat pada saat ini baru ada 15 perangkat daerah yang menggunakan tata naskah menggunakan Aplikasi SIDA. Dengan tata naskah elektronik memudahkan koordinasi surat menyurat internal maupun eksternal di lingkungan Pemprov Kaltim.

 

“Dengan terintegrasi dalam satu tata naskah dapat terwujud pelayanan yang cepat dan efektif, efesien dan akuntabel yang pada akhirnya dapat mendukung meningkatkan implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik,”katanya.(DPMPD Kaltim/qom/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023