DPMPD Monitoring Unit Usaha BUMDes Desa Luan
07 April 2021 Arif Maulana Berita 7061
DPMPD Monitoring Unit Usaha BUMDes Desa Luan

PASER - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) secara marathon turun ke desa-desa guna mendorong peningkatan status Indeks Desa Membangun (IDM) Desa di Provinsi Kaltim. 

 

Kali ini Desa yang disasar Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser yang terkenal dengan objek wisata Gunung Boga atau Gunung Embunnya. 

 

"Kunjungan kita untuk memonitoring unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) DesaLuan. Demikian pula dengan potensi desa yang memungkinkan dikembangkan menjadi destinasi wisata baru, " ujar Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin saat berkunjung ke Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser, Rabu (7/4). 

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, BUMDes baru dibentuk pada 2020. Untuk sementara unit usaha yang dikembangkan penyewaan tenda dan Wisata Gunung Boga (Embun).

 

Potensi yang sangat mungkin dikembangkan, wisata alam gunung sampi dan air terjun doyan lama. Khusus wisata gunung sampi direncanakan pada september akan digunakan sebagai tempat paralayang.

 

Monitoring juga dirangkai evaluasi perkembangan desa (IDM) khususnya indeks ketahanan ekonomi sebagai upaya menaikkan status desa yang dihuni 165 KK ini dari tertinggal menjadi berkembang.

 

Kunjungan jajaran DPMPD Kaltim disambut Plh. Sekretaris DPMPD Kaltim Ahmad Shaudani, Camat Muara Samu Amri, pengelola BUMDes, tokoh masyarakat, dan Pokdarwis setempat.

 

M Syirajudin berkunjung didampingi Kepala Bidan Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA, dan Teknologi Tepat Guna Elvis, Kepala Seksi Usaha Ekonomi Masyarakat Muriyanto beserta jajaran.(DPMPD Kaltim/mury/arf) 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023