DPMPD Siap Fasilitasi Pemberitaan Informasi Desa Media Okeborneo.Com
16 Maret 2022 Arif Maulana Berita 6118
DPMPD Siap Fasilitasi Pemberitaan Informasi Desa Media Okeborneo.Com

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim disebut siap bekerjasama dengan Media Okeborneo.Com dalam rangka fasilitasi pemberitaan seputar informasi desa.

 

Demikian ditegaskan Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin yang didampingi Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Sri Wartini saat menerima kunjungan Pimpinan Redaksi Okeborneo.Com ES Efendi, di Ruang Kepala DPMPD Kaltim, Rabu (16/3/2022).

 

“Siap bekerjasama pemberitaan. Sesuai kebijakan gubernur pembangunan desa yang harus diprioritaskan. Semoga kerjasama ini membantu pencapaian target pembangunan desa di Kaltim,” katanya.

 

Disebutkan, dalam pelaksanaan pembangunan desa terdapat Indeks Desa Membangun (IDM) yang ditetapkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Ini sebagai indikator keberhasilan pelaksanaan pembangunan desa.

 

Provinsi Kaltim dari 841 desa yang tersebar di 7 kabupaten pada 2021 berhasil menempati peringkat 6 secara nasional. Pencapaian ini diantaranya yang perlu disebarluaskan melalui media Okeborneo.Com agar diketahui masyarakat secara luas.

 

“Berkat dukungan kepala desa bersinergi dengan DPMD/DPMK dan DPMPD Provinsi IDM kita terus meningkat,” katanya.

 

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan berbagai program kegiatan yang akan digagas DPMPD Kaltim kedepannya, diantaranya rencana pengembangan Pusat Data dan Informasi Desa Kampung (Pusaka) sebagai basis data tentang desa atau potret desa. Data berisikan segala hal terkait desa mulai dari potensi, kebutuhan, hingga masalah pembangunan desa.

 

“Sampai sekarang kita tidak mempunyai data konkret tentang desa di Kaltim. Konsep Pusaka ini menjawab masalah tersebut,” jelasnya.

 

Melalui data tersebut dalam jangka panjangnya bisa dimanfaatkan untuk menetapkan kebijakan pembangunan.

 

Misalnya diketahui desa yang belum berlistrik akan disasar Dinas Energi Sumber Daya Mineral Kaltim untuk dibangunkan PLTS.  Pun demikian desa dengan potensi wisata akan menjadi target pembinaan pengembangan wisata Dinas Pariwisata.

 

“Nantinya akan terakses ke website resmi DPMPD Kaltim (http://dpmpd.kaltimprov.go.id). Siapapun butuh data bisa akses. Diketik dimesin pencarian akan muncul data yang dibutuhkan tentang desa,” katanya.

 

Sementara ES Efendi menyebut kunjungan ke DPMPD Kaltim ingin memperkenalkan diri bahwa media yang digawanginya bekerjasama dengan Diskominfo Kaltim untuk pemberitaan seputar Provinsi Kaltim.

 

Media Okeborneo.Com diamanahi memberikan terkait kegiatan DPMPD Kaltim, Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, dan Dinas Pariwisata Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023