DPMPD teken kerja sama Desa Presisi dengan IPB University
DPMPD teken kerja sama Desa Presisi dengan IPB University

 

Pada hari Selasa (19/3/2024) di Ruang Rapat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor berlangsung agenda Penandatangan Perjanjian Kerjasama Antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan Universitas terkemuka di Indonesia dalam upaya Pelaksanaan Data Desa/Kelurahan Presisi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Dalam sebuah upaya kolaboratif yang bertujuan untuk membantu perencanaan pembangunan desa dalam rangka pengambilan keputusan/kebijakan yang tepat sasaran melalui penyajian data akurat dan gambaran kondisi aktual desa, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Anwar Sanusi menandatangani perjanjian kerjasama dengan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor yang diwakili oleh Dr Sofyan Sjaf selaku Dekan.

 

Perjanjian ini mencakup beberapa ruang lingkup diantaranya

  1. Sosialisasi Data Desa/Kelurahan Presisi;
  2. Penelusuran terhadap batas desa/kelurahan dan batas dusun/lingkungan secara indikatif dan partisipatif di setiap desa/kelurahan;
  3. Perekrutan enumerator spasial dan sosial;
  4. Pelatihan dan peningkatan kapasitas enumerator spasial dan sosial dalam kaitannya dengan penggunaan MERDESA MAPS dan MERDESA Sensus;
  5. Penggunaan MERDESA MAPS dan MERDESA Sensus dalam melakukan pengambilan data;
  6. Pendampingan kepada enumerator spasial dan sosial Data Desa/Kelurahan Presisi;
  7. Penyusunan laporan dalam bentuk hardcopy dan softcopy.

 

Salah satu poin utama dalam perjanjian ini adalah adanya komitmen bersama untuk membangun 109 Data Desa/Kelurahan Presisi di Kabupaten Kutai Kertanegara, menggunakan pendekatan Drone Participatory Mapping. Sehingga dapat menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan pembangunan berkelanjutan.

 

Adapun variabel yang diusulkan Peta Orthophoto,  Peta Administrasi, Peta Sarana dan Prasarana, Peta Penggunaan Lahan, Peta Topografi Desa/Kelurahan. Serta Peta yang meliputi Sandang, Pangan dan Papan, Pendidikan dan Kebudayaan, Infrastruktur dan Lingkungan Hidup, Kehidupan Sosial, Perlindungan Hukum dan HAM termasuk Kesehatan, Pekerjaan dan Jaminan Sosial.

 

Perjanjian Kerjasama tersebut berlaku sejak ditanda tangani sampai dengan 30 November 2024 dan akan diakhiri dengan Berita Acara Serah Terima Hasil Pekerjaan oleh IPB University.


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 33 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023