DPMPD Terlibat Sukseskan Road to World Water Forum 10 th Tingkat Provinsi Kaltim

icon - In Berita By Arif Maulana    icon 4849

DPMPD Terlibat Sukseskan Road to World Water Forum 10 th Tingkat Provinsi Kaltim

SAMARINDA -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim ikut terlibat menyukseskan Road to World Water Forum 10 th atau Forum Air Dunia ke 10 Tingkat Provinsi Kaltim. Kegiatan yang dikoordinir Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda diisi dengan susur sungai dan bersih -bersih Sungai Karang Mumus Samarinda, Kamis (27/7/2023).

 

"Kita DPMPD bersama OPD lain tingkat Provinsi dan Kota Samarinda sifatnya undangan berpartisipasi menyukseskan Forum Air Dunia ke 10 ini," ujar Kepala DPMPD Kaltim melalui Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Helvin Syahruddin saat mengikuti kegiatan.

 

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini dibuka Gubernur Kaltim Isran Noor diwakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat AM Fitra Firnanda.

 

Sebanyak 200 peserta diajak menyusuri Sungai Karang Mumus sepanjang 11 kilometer yang sekaligus melaksanakan gerakan bersih-bersih sungai dengan memungut sampah di bantaran sungai.

 

Helvin mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut karena keberadaan Sungai Karang Mumus sangat dibutuhkan dalam pemenuhan kebutuhan air masyarakat. Termasuk sebagai pengendali banjir di Kota Samarinda.

 

DPMPD kata dia juga beberapa kali melakukan kegiatan di Sungai Karang Mumus bekerja sama dengan Forum Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (FORKOM LPM) Kaltim dalam rangka pelestarian lingkungan.(DPMPD Kaltim/arf)