DPMPD Usulkan Pusaka Kaltim Dihadapan TGUP3
08 Februari 2022 Arif Maulana Berita 5999
DPMPD Usulkan Pusaka Kaltim Dihadapan TGUP3

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mengusulkan dukungan anggaran untuk kegiatan Pusat Data dan Informasi Desa Kampung (Pusaka) Kaltim dihadapan Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Kaltim saat berkunjung ke Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (8/2/2022).

 

“Sampai sekarang kita tidak mempunyai data konkret tentang desa di Kaltim. Konsep Pusaka ini menjawab masalah tersebut,” ujar ujar Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin saat menerima kunjungan TGUP3 Kaltim.

 

Pusaka Kaltim nantinya menjadi basis data tentang desa atau potret desa. Data berisikan segala hal terkait desa mulai dari potensi, kebutuhan, hingga masalah pembangunan desa.

 

Melalui data tersebut dalam jangka panjangnya bisa dimanfaatkan untuk menetapkan kebijakan pembangunan.

 

Misalnya diketahui desa yang belum berlistrik akan disasar Dinas Energi Sumber Daya Mineral Kaltim untuk dibangunkan PLTS.  Pun demikian desa dengan potensi wisata akan menjadi target pembinaan pengembangan wisata Dinas Pariwisata.

 

“Nantinya akan terakses ke website resmi DPMPD Kaltim (http://dpmpd.kaltimprov.go.id). Siapaun butuh data bisa akses. Diketik dimesin pencarian akan muncul data yang dibutuhkan tentang desa,” katanya.

 

Selain itu DPMPD juga mengusulkan berbagai kegiatan yang diharap disampaikan TGUP3 ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) agar mendapat dukungan anggaran seperti peremajaan sarana prasarana kantor, Kiprah Desa atau kunjungan kerja gubernur ke desa, serta Oto Siaga atau mobil multi fungsi untuk kebutuhan di desa seperti untuk pelayanan internet gratis, untuk kegiatan pelayanan informasi publik dan kebutuhkebutuhan dasar lainnya.

 

Lainnya bantuan hibah genset listrik bagi desa yang akan dikelola BUMDes, Gelar BUMDes atau expo produk BUMDes, Wadah Betakun atau kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas para kelompok pengelola sapras.

 

Kemudian ada Intip Dewi untuk peningkatan kegiatan di desa wisata, Prudes Kawal Desa, Tilik Desa, Bentang Desa, serta program peningkatan kapasitas perangkat desa dan Lembaga kemasyarakat desa.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 33 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023