DPMPD Wacanakan Pembentukan Desa Modern di Kaltim
16 Agustus 2022 Arif Maulana Berita 5673
DPMPD Wacanakan Pembentukan Desa Modern di Kaltim

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mewacanakan pembentukan Desa Modern. Membangun konektivitas jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seluruh desa di wilayah Kaltim.

 

“Jadi targetnya bukan sebatas mengentaskan desa tertinggal, tapi ingin bikin desa modern. Desa yang sudah mampu memanfaatkan TIK,”kata Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi saat memimpin Rapat Staf Perdana bersama jajaran DPMPD Kaltim, di Ruang Serbaguna Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (16/8/2022).

 

Pelaksanaannya dilakukan dengan menetapkan piloting atau percontohan desa modern. Desa dimaksud akan difasilitasi pemenuhan kelengkapan sarana prasarananya seperti laptop dan jaringan internetnya.

 

Ke depan dia berharap saat semua desa sudah berbasis TIK memudahkan DPMPD memantau perkembangan pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat desa. “Kita bisa pantau dari sini,”katanya.

 

Untuk mewujudkan itu, jajaran DPMPD juga harus melek TIK. Setidaknya setiap pegawai harus menguasai pengoperasian perangkat komputer yang ada di meja masing-masing.

 

Dengan demikian potret gambaran permasalahan maupun kebutuhan pembangunan desa bisa difasilitasi untuk pemenuhannya.

 

“Misalnya desa belum ada sekolah kita bisa minta Disdikbud membangunkan. Desa tidak ada perpustakaan bisa minta Badan Perpustakaan Daerah. Jalan bisa minta bantu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan lain-lain sesuai bidang tugasnya,” sebutnya.

 

Itu sebabnya dia mengajak jajaran DPMPD Kaltim untuk membangun jejaring kerja yang baik. Tidak hanya dengan Organisai Perangkat Daerah (OPD) Kaltim, tapi juga dengan DPRD, maupun instansi pusat untuk memperoleh dukungan percepatan pembangunan desa.

 

“Kita harus pandai menjual program demi kemajuan desa, Makanya nanti kalau turun ke desa pulangnya membuat powerpoint. Paparkan hasil perjalanan dinasnya biar yang lain bisa ikut mendengar, sehingga menjadi bahan merumuskan program/kegiatan yang tepat sasaran,”katanya.

 

Pada kesempatan itu dia juga mengajak jajarannya untuk senantiasa bersyukur. Membudayakan mengawali kegiatan dengan banyak bersyukur agar diberikan kemudahan dalam menuntaskannya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023