DPMPD Wacanakan Workshop Pengembangan TTG

icon - In Berita By Arif Maulana    icon 5458

DPMPD Wacanakan Workshop Pengembangan TTG

SAMARINDA – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mewacanakan membuat semacam workshop terkait pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) di Provinsi Kaltim.

 

“Ini sebagai upaya pembinaan kita. Jangka pendeknya Posyantek Uko berbiacara kiat-kiat memajukan organisasi Posyantek agar menjadi wadah berkreasi mengembangan teknologi terapan masyarakat TTG,”ujar Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi ditemani Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat SDA dan TTG Elvis saat mendampingi Posyantek Uko mengikuti seleksi Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (GTTGN) XXIII tahun 2022 secara daring, di Kantor DPMPD Kaltim, Kamis (22/9/2022).   

 

Jangka menegahnya DPMPD akan menghadirkan Posyantek maupun Inovator TTG lain yang dinilai berhasil dan berprestasi dalam pengembangan TTG.

Bila perlu, kata dia, akan bekerjasama dengan seluruh kabupaten se Indonesia agar terjadi tukar menukar Informasi dalam pengembangan organisasi Posyantek dan pengembangan TTg sesuai kebutuhan dan sumber daya daerah.

 

“Sekarang kan era teknologi, sehingga Informasi terbuka sangat luas. Kita bisa memulai ini (workshop pengembangan TTG,red),”katanya.

 

Sebagai penunjang, DPMPD telah membuat program smart village atau desa derdas dengan kegiatan one village one laptop satu desa satu laptop. Tujuannya membuka akses Informasi antar desa dalam mendorong percepatan pembangunan desa.

 

“Pelaksanaannya bekerjasama dengan DPRD Kaltim dalam pemenuhan saranan laptop atau PC dan bekerjasama dengan Kominfo dalam pemenuhan sarana jaringan internet melalui VSAT,”tandasnya.(DPMPD Kaltim/arf)