Dukung Wisata, Kampung Derawan Gunakan DD Latih Bahasa Inggris Masyarakat
29 Juli 2018 Admin Website Berita 6900

DERAWAN -- Kampung Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau mengarahkan penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2018 untuk pemberdayaan masyarakat, khususnya peningkatan kapasitas pemilik penginapan dan homestay, serta penjual cinderamata dengan memberikan pelatihan bahasa inggris dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata di wilayahnya.

"Seperti diketahui Derawan merupakan daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam daerah, maupun wisatawan asing. Pelatihan bahasa inggris penting untuk meningkatkan pelayanan, utamanya bagi wisatawan asing agar memudahkan dalam berkomunikasi," ujar Kepala Kampung Derawan, Bahri ketika berbincang, Sabtu (28/7).

Program dimaksud diakui merupakan masukan dari pendamping desa karena melihat kebutuhan masyarakat dalam menunjang aktifitas usahanya sebagai daerah wisata. Pelaksanaannya dilakukan sudah kali kedua setelah tahun sebelumnya memberikan pelatihan bahasa inggris bagi anak-anak dan masyarakat setempat lainnya. Dan kali ini diikuti 25 orang peserta dari pengelola penginapan, homestay, dan penjual cinderamata.

Hasilnya memberikan dampak positif. Mereka yang tadinya awam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris setidaknya menjadi faham sehingga membantu berkomunikasi dengan wisatawan asing.

Karenanya ia memastikan akan terus melaksanakan pelatihan serupa bagi masyarakat lain sebagai sasaran serta yang sudah mendapat pelatihan agar penguasaannya semakin baik. "Yang jelas sangat membantu. Selama ini mereka berkomunikasi hanya menggunakan bahasa tubuh, sehingga sedikit menghambat komunikasi. Kalau sekarang setidaknya sudah bisa sedikit-sedikit," terangnya.

Selain itu, Kampung Derawan juga memanfaatkan DD yang masuk ke daerahnya untuk pelatihan menjahit bagi 20 orang ibu rumah tangga disetiap RT se Kampung Derawan. Harapananya mereka lebih berdaya minimal bisa menjahit pakaian untuk keluarga dan kedepannya bisa menjadi peluang usaha.

Sebelumnya, Kampung Derawan lebih dulu mengadakan sebanyak 10 unit mesin jahit. Setelah pelatihan mereka dibagi perkelompok untuk memanfaatkan dan memelihaara mesin jahit yang ada.

Sedangkan untuk pembangunan desa, DD 2018 diantaranya diarahkan untuk kegiatan semenisasi halaman PAUD. Dan kedepan untuk anggaran 2019 diusulkan untuk kegiatan pemasangan paving blok untuk mengurangi debu saat musim kemarau dan mengantisipasi masyarakat membangun di badan jalan. Termasuk diusulkan pengadaan solarsel untuk penerangan jalan sebanyak 30 titik di seluruh wilayah Kampung Derawan.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023