DW DPMPD Kaltim Didaulat Ketua Panitia Pelatihan Membatik DWP Kaltim
30 September 2021 Arif Maulana Berita 6270
DW DPMPD Kaltim Didaulat Ketua Panitia Pelatihan Membatik DWP Kaltim

SAMARINDA – Dharwa Wanita Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DW DPMPD) Kaltim terlibat dalam pelaksanaan pelatihan membatik “Batik Tulis” bagi 40 anggota dan pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kaltim.

 

Ketua DW DPMPD Kaltim yang juga Koordinator Bidang Pendidikan DWP Provinsi Kaltim Suhelni Syirajudin diamanahi sebagai ketia panitia pelaksanaan pelatihan.

 

Dikatakan Suhelni Syirajudin, pelatihan merupakan  kegiatan program Bidang Pendidikan DWP Provinsi Kaltim dalam rangka peningkatan kapasitas dan keterampilan anggota dan pengurus DWP. “Tema pelatihan “Melalui Pelatihan Membatik dapat Mening?atkan Pengetahuan dan Pelestarian Budaya Daerah Kalimantan Timur “.

 

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Pelatihan dibuka Penasehat DWP Kaltim Norbaiti Isran Noor didampingi Ketua DWP Provinsi Kaltim Liza Febriani Sa'bani,”ujar Suhelni Syirajudin saat pembukaan pelatihan membatik, di Aula Rumah Jabatan Sekprov Kaltim, Kamis (30/9).

 

Saat membuka pelatihan Norbaiti Isran Noor menyebut membatik bukanlah kegiatan yang bisa dilakukan semua orang. Bagi seorang pembatik memerlukan kesungguhan, ketekunan dan keuletan, serta semangat atau kerja keras.

 

"Jadi bukan hanya sekedar ingin saja, tapi membatik harus sabar, kreatif dan teliti. Dan yakinlah hasil tidak membohongi usaha," kata Norbaiti.

 

Dia sangat mengapresiasi pelatihan membatik oleh anggota DWP, guna melestarikan budaya daerah, juga menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan.

 

"Lima aja dari 40 peserta ini yang benar-benar mampu membatik. Tentu akan menambah wirausaha di Kaltim," ungkap Ketua DP PKK Kaltim.

 

Sementara Liza Febriani Sa'bani mengemukakan batik bukan semata identitas nasional, tapi batik juga identitas daerah, sehingga kewajiban bersama melestarikannya sebagai budaya daerah.

 

"Semoga anggota kami tidak saja bertambah wawasan dan pengetahuannya, tapi terampil membatik, sehingga mereka menjadi wirausaha kedepannya," harap istri Sekprov Kaltim ini.

 

Pelatihan diawali penyampaian materi mengenal batik dan motifnya, serta mengenal alat dan cara/teknik membatik.(DPMPD Kaltim/*/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 18 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023