Fachrul Ghazi : Tantangan Kita Menyadarkan Masyarakat Berzakat di Lembaga Resmi
08 September 2019 Admin Website Berita 6828
Fachrul Ghazi : Tantangan Kita Menyadarkan Masyarakat Berzakat di Lembaga Resmi

SAMARINDA – Potensi zakat, infaq, dan sedekah di Bumi Etam Kalimantan Timur disebut cukup potensial jika terhimpun secara terpadu. Berdasarkan hasil survey BAZNAS RI, potensi zakat, infaq, dan sedekah di Kaltim mencapai Rp1,5 Triliun.

Dikatakan Ketua BAZNAS Kaltim, Fachrul Ghazi bahwa BAZNAS, LAZNAS, dan lembaga zakat resmi yang ada baru mampu menghimpun zakat,infaq, dan sedekah sekitar Rp100 Milyar pada 2018.

Artinya masih perlu kerja ekstra menghimpun potensi yang ada agar dikelola dengan baik untuk pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tantangan kita menyadarkan masyarakat berzakat di lembaga resmi.. Mari muzaki ramai-ramai menyalurkan zakatnya ke lembaga resmi agar kita bisa hitung pencapaian menghimpun potensi zakat, infaq, dan sedekah masyarakat Kaltim,” ujarnya saat memberikan laporan pada Karnaval Festival Muharram 1.000 Anak Yatim, di Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Kaltim, Minggu (8/9).

Dia mengaku yang berhasil dihimpun masih sangat jauh dari besaran potensi yang bisadikumpulkan. Harapnnya semakin besar kepercayaan masyarakat menyalurkan ke lembaga remi, BAZNAS akan lebih banyak melaksanakan kegiatan pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraaan kaum tidak mampu dari mustaki menjadi muzaki.

Dia mengaku dana yang dihimpun tidak semata-mata untuk kegiatan pemberian santunan. BAZNAS juga mengelolanya juga untuk pendidikan dan kesehatan.

Adapun beberapa progamnya diantaranya Kaltim Cerdas berupa beasiswa pendidikan, Kaltim Taqwa berupa program keagamaan, serta Kaltim sejahtera berupa program bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

“Baru-baru ini yang viral Klinik Kesehatan Al Shifa yang kita buka. Klinik memberi layanan kesehatan secara gratis bagi yang tidak mampu. Silahkan bawa sanak saudara maupun tetangga yang tidak mampu berobat kesini. Gratis. Tidak ada kasir. Selagi bisa ditangani di sini silahkan bawa,” katanya menyeru.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 18 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023