Fasilitasi Pengakuan Hak Masyarakat Adat, DPMPD gelar Advokasi Perlindungan MHA
Fasilitasi Pengakuan Hak Masyarakat Adat, DPMPD gelar Advokasi Perlindungan MHA

Kutai Barat. Rabu (5/10/2023) di Lamin Adat Hemaq Beniung Kampung Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) melalui Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat menghelat kegiatan Advokasi Pengakuan dan Perlindungan bagi Masyarakat Hukum Adat (MHA) Tonyooi Kampung Juaq Asa.

 

Kegiatan Advokasi ini merupakan Inovasi DPMPD Kaltim untuk mempercepat pemberian pengakuan dan perlindungan bagi masyarakat di Kalimantan Timur, kegiatan ini juga sekaligus memfasilitasi Pemerintahan Kampung Juaq Asa menyusun pemetaan tata ruang wilayah adat dan tata ruang kampung.

 

Konsep kegiatan advokasi ini dikemas melalui pola jemput bola pada masing - masing Desa/Kampung yang terindetifikasi untuk diberikan pengakuan dan perlindungan dari Pemerintah. Salah satu tujuannya adalah mengakui dan melindungi hak MHA di daerah sebagai dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pengembangan program Pembangunan, serta agar MHA dapat berpartisipasi dalam pembangunan sesuai dengan kewenangannya.

 

Kegiatan advokasi ini, menggandeng mitra pembangunan yaitu Bioma, Padi dan KBCF sebagai pembicara utama, sementara hadir sebagai peserta  dari Perwakilan Pemerintahan Kampung Juaq Asa, Lembaga Kemasyarakatan Kampung, Lembaga Adat, Ketua Adat, sesepuh adat dan perwakilan kaum Perempuan (Gender) dengan total peserta 30 org.

 

Sebagai informasi bahwa sumber pembiayaan kegiatan Advokasi ini adalah melalui dana FCPF-CF (Forest Carbon Partnership Facility-Carbon Fund)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 40 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023