Ford Foundtation New York Bakal Dukung Pendanaan Percepatan Pemngakuan dan Perlindungan MHA
18 Oktober 2022 Arif Maulana Berita 5300
Ford Foundtation New York Bakal Dukung Pendanaan Percepatan Pemngakuan dan Perlindungan MHA

SAMARINDA -- Direktur Ford Foundtation “Mr. Anthony Bebington” dari New York diisyaratkan akan melakukan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Timur, 25-27 Oktober 2022.

 

Kunjungan tersebut bertujuan memberikan dukungan melalui pendanaan yang dimilki untuk percepatan pengakuan dan perlindungan masyarakat hokum adat di Kalimantan Timur dan Pemberdayaan Masyarakat Lokal.

 

Demikian ditegaskan Program Officer Ford Foundation Perwakilan Indonesia Farah Sofa saat melakukan audiensi ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Selasa (18/10/2022). Dia berkunjung ke DPMPD dampingi Direktur Perkumpulan Padi Indonesia dan Perwakilan Huma Indonesia.

 

Sofa menjelaskan bahwa yang mendasari dipilihnya Provinsi Kalimantan Timur sebagai salah satu lokasi program dari Ford Foundation adalah adanya Komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur selama ini terhadap isu perubahan alam/iklim dan dukungan Percepatan Pengakuan dan Perlindungan bagi Masyarakat Hukum Adat.

 

"Direktur Ford Foundation Mr. Anthony berkeinginan melakukan audensi bersama Bapak Gubernur Kalimantan Timur bersama Jajaran OPD Teknis dilingkungan Pemprov Kaltim guna mendapatkan persetujuan dan memberikan masukan hal – hal yang dapat dilakukan melalui pendanaan yang akan dibiayai Ford Foundation," jelasnya.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim, dalam hal ini diwakili Penggerak Swadaya Masyarakat Ketahanan Sosial Budaya Masyarakat, Hj. Mariah, sangat mengapresiasi langkah Ford Foundation yang memberikan dukungan percepatan pengakuan dan perlindungan bagi masyarakat hukum adat di Kaltim.

 

" Ini agar keberadaan masyarakat adat di kaltim tidak termajinalkan. Sudah saatnya diberikan pendampingan, apalagi saat ini Kalimantan Timur telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara maka tantangan kedepan peran masyarakat adat ini perlu diberikan perhatian serius, bukan hanya sekedar diberikan pengakuan dan perlindungan, tetapi mereka juga harus diberdayakan agar mereka bisa mandiri dan sejahtera serta terlibat dalam proses pembangunan, pungkasnya.

 

Pertemuan juga dihadiri dari Perwakilan Dinas Pangan, Ketahanan dan Holtikultura Kaltim.(DPMPD Kaltim/bagus/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023