Forum Anak Kampung Maluang Biasakan Kegiatan Positif Masyarakat Setempat
10 September 2018 Admin Website Berita 2500
Forum Anak Kampung Maluang Biasakan Kegiatan Positif Masyarakat Setempat

SORE itu, Minggu 9 September 2018 cuaca nampak cerah. di Kampung Maluang, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau. Anak-anak dan remaja tanggung masyarakat setempat nampak bergegas mendatangi Gedung Aula Serbaguna Komplek Kantor Kepala Kampung.

Sekitar 45 orang anak-anak dan remaja tanggung tersebut merupakan anggota Forum Anak Kampung Maluang. Sudah menjadi agenda rutin mereka setiap hari minggu sore pukul 16.00 wita kumpul-kumpul positif di gedung berukuran jumbo tersebut.

Banyak kegiatan mereka lakukan setiap kali berkumpul. Diawali Senam Kewer-kewer anggota forum anak tersebut berjoget ala mereka untuk seru-seruan.

Setelah itu, mereka melakukan sesi curhat dan tukar menukar pengalaman. Termasuk melakukan berbagai kegiatan positif mengasah keterampilan dan ketangkasan.

Pembina Forum Anak Kampung Maluang, Putri Arofah Muchtar yang berperan menjadi instruktur dalam kegiatan tersebut mengakatan kegiatan yang dilaksanakan tidak melulu di dalam ruangan. “Biasanya anak-anak dikumpulkan di luar ruangan. Di lapangan, kebun, hingga tempat kerja yang menggambarkan profesi orang tua meraka,” katanya.

Kegiatan lapangan tersebut bertujuan mengetuk hati anggota forum anak agar menuntut ilmu sungguh-sungguh. Sehingga tidak mengecewakan kedua orang tua mereka yang bekerja keras mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk hidup termasuk biaya pendidikan.

Gilirannya ia berharap anak-anaknya tersebut senantiasa mengisi hari dengan kegiatan positif tanpa ada waktu dan niat melakukan hal-hal negatif yang dapat membuat kecewa orang tua.

Sejak terbentuk 23 Agustus 2018, forum anak tersebut diakuinya sudah banyak membawa hal positif bagi kehidupan masyarakat setempat. Ini dibuktikan Kampung Maluang akan dicanangkan sebagai desa/kampung bebas pornografi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Penasaran mendengar hak tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi bergegas ingin melihat kegiatan forum anak dimaksud. Ia didampingi Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan, Riani Tisnadewi serta Pejabat dari Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Berlian.

Dengan tergesa-gesa, Jauhar dan rombongan langsung turun dari kendaraan yang ditumpangi karena tidak sabar ingin melihat aktifitas anak-anak dan remaja tanggung Kampung Maluang setiap Minggu sore.

Nampak dari wajahnya, Jauhar takjup melihat semangat anggota remaja tanggung tersebut mengikuti semua kegiatan yang dipandu Ibu Kepala Kampung Maluang tersebut. “Luar biasa. Semoga kalian kelak menjadi generasi penerus yang dapat membanggakan keluarga dan daerah,”harapnya.

Ia berharap forum anak seperti itu bisa dibentuk disetiap desa/kampung dan kelurahan di Kaltim. Harapannya semua anak-anak Kaltim terhindar hal-hal negatif karena fokus melakukan kegiatan positif. “Yakin dari anak-anak ini ada yang menjadi kepala kampung, camat, dokter, bahkan bupati, gubernur, dan presiden. Kuncinya asalnya mau belajar dan berusaha bersungguh-sungguh,” akunya.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini 461
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1564
Total Pengunjung 182953
Total Halaman Dikunjungi 1650749
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1650749
Bulan ini : 28016
Hari ini : 1564

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021