Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Prov. Kaltim Tahun 2020
05 Maret 2019 Admin Website Berita 6764
Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Prov. Kaltim Tahun 2020

BALIKPAPAN (5/3) - Forum Konsultasi Publik tentang Rancangan Awal Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, dengan tema "Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia, Pemanfaatan Teknologi dan Infrastruktur Wilayah yang Mendukung Nilai Tmbah Ekonomi", secara resmi dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kaltim, Dr. Meiliana, di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Forum Konsultasi Publik yang diikuti para pemangku kepentingan, seperti para Ketua Komisi DPRD Provinsi Kaltim, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi  Kaltim, seluruh Kepala Bappeda Kab/Kota se Kaltim, para Aakademisi, Perbankan, LSM, Tokoh Masyarakat, Swasta dan Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Provinsi Kaltim berlangsung dengan serius dan penuh kehangatan.

Plt. Sekda dalam arahannya menyampaikan, bahwa RKPD Tahun 2020 merupakan pelaksanaan tahun kedua RPJMD Kaltim Tahun 2018-2023.

RKPD Tahun 2020 harus dapat merespon dan menjawab permasalahan pembangunan yang belum diselesaikan pada pelaksanaan RKPD 2019 serta  dapat memberikan panduan arah kebijakan pembangunan sasaran tahun kedua RPJMD 2018-2023.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kaltim, Zairin Zain, dalam paparannya menyampaikan tentang pentingnya pengendalian inflasi di bawah 3 persen.

Begitu juga Kaltim masih sangat rendah utk mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dibandingkan provinsi lain yang ada di regional Kalimantan. Karena itu, OPD terkait agar memperhatikan semua aspek persyaratan yg diperlukan dalam memperoleh  bantuan keuangan Pusat.

Lebih lanjut, Zairin Zain menyampaikan tentang  pentingnya perencanaan program/kegiatan  pada RKPD Tahun 2020 harus berorientasi pada pemecahan masalah pembangunan.

Tidak kalah pentingnya, diharapkan dalam Forum Konsultasi Publik ini ada masukan dan perbaikan dari seluruh pemangku kepentingan terhadap Rancangan Awal RKPD Tahun 2020.

Forum Konsultasi Publik menghadirkan empat pembahas utama antara lain dari Universitas Mulawarman, Prof. Dr. Eny Rochaida, yang membahas masalah Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi. Dr. Edy Rachmad, tentang Strategi Pengembangan Kompetensi SDM. Pembahas yg lain adalah Dr. Purwanto dan Eko Priyo Utomo.

Usai pembahas utama, dilanjutkan dengan forum tanya jawab atau masukan, antara lain anggota DPRD Prov. Kaltim, Agus Suwandy, Kepala Bappeda Kabupaten PPU, Alimuddin dan dari unsur Bappeda Kota Balikpapan, Ardiansyah.(DPMPD Kaltim/MJE)

 

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 22 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023