Gelar FGD Percepatan Pembangunan, DPMPD tekankan desa mandiri yang berdaulat
Gelar FGD Percepatan Pembangunan, DPMPD tekankan desa mandiri yang berdaulat

DPM-Pemdes menyelenggarakan Focus Group Discussion/Sosialiasi Percepatan Pembangunan Kawasan Perdesaan Tahun 2024 di Wisata Goa Batu Tapak Raja, Desa Wonosari Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (15/05/24).

 

Mewakili kepala dinas, Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Aswanda menyampaikan salah satu isu dan tantangan pembangunan desa saat ini adalah  mewujudkan kemandirian desa sebagai entitas yang berdaulat dan berdaya saing. Menurutnya, untuk mewujudkan desa yang berdaulat dengan kewenangan dan segala potensi wilayahnya, desa membutuhkan strategi pembangungan yang tepat yakni Pengembangan Pembangunan  Kawasan Perdesaan dalam berbagai bidang pembangunan yang menitikberatkan pada pengembangan Potensi wilayah. Selain itu mesti ada kerjasama antar desa maupun kerjasama dengan pihak ketiga (BUMN, BUMD,  Swasta,  Perguruan Tinggi).

 

"Sekali lagi saya ingin tekankan, kita tidak perlu malu untuk menjalin hubungan kerjasama dengan desa lain ataupun dengan pihak ketiga, untuk pengembangan Pembangunan Kawasan Perdesaan karena desa tidak mungkin bisa menangani sendiri semua hal yang dibutukan oleh masyarakat," kata Aswanda

 

Selanjutnya, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Esthi Susila Rini menyampaikan bahwa kegiatan  FGD ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam pengembangan keilmuan di bidang pembangunan Kawasan Perdesaan serta dapat meningkatkan pemahaman para pelaku Pembangunan Kawasan Perdesaan di Provinsi Kalimantan Timur tentang arah Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat dalam upaya meningkatkan status Indeks Desa Membangun serta dalam hal memandirikan masyarakat desa.

 

Selain itu, menurut Esthi dalam FGD ini peserta diberikan gambaran tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan kawasan perdesaan.

 

Diinformasikan lebih lanjut bahwa peserta pada kegiatan FGD kurang lebih 50 orang yang berasal dari beberapa OPD Provinsi dan OPD terkait di Kabupaten Penajam Paser Utara, Camat, Kepala Desa Serta Tenaga Pendamping Profesional.

 

Pada kesempatan kali ini, selain mengundang narasumber Kabupaten Penajam Paser Utara dan best practice dari desa desa dikawasan Kecamatan Sepaku. DPM Pemdes juga menghadirkan Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia sebagai narasumber yang akan membahas terkait Prioritas Penggunaan Dana Desa sesuai Permendes PDTT Nomor 7 Tahun 2023 dan Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2023. (DPMPD/FA)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023