Gelar TTG X Tingkat Provinsi Kaltim siap digelar
Gelar TTG X Tingkat Provinsi Kaltim siap digelar

 

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Gelar Teknologi Tepat Guna X tingkat Provinsi Tahun 2024, DPMPD dan Pemerintah Kota Samarinda tengah mempersiapkan berbagai hal untuk rangkaian acara pameran inovasi teknologi tepat guna yang diikuti oleh para inovator 10 kabupaten/kota se Kalimantan Timur. Pelaksanaan agenda tersebut bertujuan untuk mendorong potensi dan inovasi lokal serta sebagai ajang untuk memperkenalkan teknologi masing-masing daerah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Gelar TTG tersebut akan diadakan di Hotel Puri Senyiur pada tanggal 23-27 April mendatang.

 

Acara tahunan ini merupakan agenda nasional untuk memberikan wadah bagi para inovator lokal, pengusaha mikro, dan UMKM untuk menampilkan produk-produk teknologi tepat guna sesuai degan potensi masing-masing daerah. Harapannya melalui pameran ini menjadi ajang yang menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk mengembangkan teknologi untuk kebutuhan lokal melalui ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

 

Berbagai kegiatan menarik akan berlangsung selama Gelar TTG ini diantaranya pameran teknologi, lokakarya yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada para pemangku kepentingan di daerah terkait dengan pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna yang berdaya saing menuju peningkatan ekonomi dan kemandirian desa yang akan disampaikan oleh para pakar/praktisi/akademisi yang kompeten di bidang teknologi tepat guna, dan ada demonstrasi produk teknologi, temu bisnis, serta widyawisata/kunjungan ke Politeknik Negeri Samarinda.

 

Peserta juga berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan inovator lokal Samarinda serta mempertemukan antara pelaku usaha agribisnis dengan pengusaha dan institusi terkait untuk meningkatkan kesempatan promosi/transaksi teknologi produk, serta sarana produksi.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Timur melalui Plh Kepala Bidang UEM SDA dan TTG Eka Kurniati menyampaikan bahwa Gelar TTG ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menumbuhkan inovasi dan perkembangan teknologi yang akan membawa manfaat nyata bagi masyarakat khususnya di Kalimantan Timur.

 

Ia juga mengajak seluruh masyarakat di Kalimantan Timur untuk berpartisipasi dalam acara tersebut guna mendukung pengembangan teknologi lokal dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

 

Sebagai informasi, akan ada 2000 lebih peserta yang hadir dari 10 kabupaten/kota untuk memeriahkan acara tahunan tersebut, yang akan dibuka secara resmi pada Rabu, (24/4/2024) dan penutupan pada Sabtu, (27/4/2024) sekaligus pengumuman pemenang Gelar TTG Tingkat Provinsi yang akan mewakili Kalimantan Timur dalam ajang TTG Nusantara di NTB Juni mendatang. Adapun kategori yang dilombakan adalah Inovasi Teknologi Tepat Guna, TTG Unggulan dan Pos Pelayanan Teknologi Tingkat Desa/Kelurahan berprestasi.


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023