Gubernur Akmal : Sayang Punya Sungai Bagus Tidak Dimainin
14 Desember 2023 Arif Maulana Berita 4412
Gubernur Akmal : Sayang Punya Sungai Bagus Tidak Dimainin

KUKAR -- Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menyebut Provinsi Kaltim memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan. Panjang Sungai Mahakam yang mencapai 920 kilometer menjadi daya tarik tersendiri jika dikelola dengan secara tepat sesuai pasarnya.

 

"Sayang punya sungai bagus tidak dimanin. Banyak hal bisa dieksplor para pecinta wisata sungai maupun olahraga air," ujar Pj Gubernur Akmal Malik saat mengunjungi Danau Semayang dan Danau Melintang Kabupaten Kutai Kartanegara, Kamis (14/12/2023).

 

Dia pun mengaku sudah menjajal berolahraga air di Sungai Mahakam Samarinda menggunakan Zetski dan stand up paddle board. Setibanya di dua danau, Dirjen Otda Kemendagri ini langsung mengganti pakaian resminya dengan baju olahraga untuk menjajal sungainya menggunakan perahu stand up paddle boardnya.

 

Saat berbincang dengan Kades Semayang, dia juga menyarankan agar menggerakkan ibu - ibu maupun anak muda untuk memanfaatkan limbah eceng gondok menjadi produk olahan.

 

Dilatih mengolah eceng gondok menjadi barang setengah jadi untuk dikirim ke luar daerah maupun keluar negeri menjadi aneka produk sesuai pemanfaatannya.

 

"Cari perusahaan besar tawarkan untuk menyiapkan barang setengah jadi seperti apa dibutuhkan. Jangan paksakan barang jadi karena tidak akan kuat. Produknya pasti disenangi orang Eropa yang ECO minded," yakinnya.

 

Ini sudah berhasil dilakukan. Dulunya Danau Rawa Pening Kabupaten Semarang banyak eceng gondok sekarang sudah bersih karena limbahnya dimanfaatkan.

 

Lainnya, seperti Sungai Mahakam Samarinda bisa dikelola seperti Sungai Chao Phraya di Thailand. Semua bisa dijual di atas perahu seperti makanan dan lainnya dengan omset perhari di Sungai Chao Phraya di Thailandbisa menembus Rp 5 Milyar jika di rupiahkan.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 39 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023