Gubernur Ingatkan Jajaran Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan Kepada Masyarakat
08 Januari 2020 Admin Website Berita 6462
Gubernur Ingatkan Jajaran Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan Kepada Masyarakat

SAMARINDA --  Pemprov Kaltim terus berkomitmen menuntaskan pembangunan dalam menapakan kaki diusia ke 63 tahun pada 9 Januari 2020. Gubernur Kaltim, Isran Noor mengingatkan segenap jajaran Pemprov Kaltim untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

“Mari kita tingkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Mari kita tingkatkan semangat, kebersamaan dan komitmen, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, disiplin, bertanggung jawab dan berintegritas tinggi,”serunya saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna DPRD Kaltim dengan agenda Peringatan Hari Ulang Tahun ke-63 Pemprov Kaltim, di Gedung Utama DPRD Kaltim, Rabu (8/1).

Terpenting, sambung dia semua diajak mengerahkan segala kemampuan dan potensi diri, serta bekerja produktif dan optimal.

Meski demikian dia mengaku bersyukur kinerja pembangunan Provinsi Kaltim semakin membaik. Di tengah perekonomian dunia yang melambat dalam beberapa tahun ini, ekonomi Kaltim justru menjadi provinsi satu-satunya yang tumbuh positif di Pulau Kalimantan.

Bahkan pada Triwulan III 2019 mencapai 6,89 persen atau lebih tinggi disbanding capaian Triwulan III 2018 yang hanya 1,83 persen.

Pun demikian untuk pelaksanaan Tahun Anggaran 2020, Pemprov Kaltim bersama DPRD Kaltim harus dapat mengelola APBD yang mencapai Rp11,75 triliun dengan sebaik-bainya untuk pembangunan dan kesejahteraan Rakyat, di samping terus berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), penghimpunan pajak melalui layanan terpadu elektronik Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kaltim yang sudah menjangkau seluruh Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Selain itu, Pemprov Kaltim berupaya menghindari megaproyek dengan biaya APBD, tetapi diarahkan untuk dapat masuk dalam skema pembiayaan Proyek Strategis Nasional (PSN). Di tahun 2020 ini, setidaknya ada 4 (empat) proyek PSN mulai dikerjakan.

Normalisasi Sungai Karang Mumus (SKM) di Samarinda total hampir Rp2 Triliun. Kemudian pembangunan Waduk Lambakan di Kabupaten Paser, dan jalan perbatasan sepanjang 280 kilometer yang meliputi Desa Ujoh Bilang Kecamatan Long Bangun-Kecamatan Long Pahangai-Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Selain itu, PSN juga diarahkan untuk penyelesaian Bendungan Marangkayu di Kutai Kartanegara. Pembangunan Tol Samarinda-Bontang sepanjang 95 kilometer dengan nilai investasi sekitar Rp11 Triliun. Juga Jembatan Tol Balikpapan-Penajam, dan pembangunan Bendungan Sungai Wain untuk mengurangi beban Waduk Manggar dan Bendungan Teritip dalam menyuplai air baku di Balikpapan.

Terhadap proyek-proyek pembangunan yang sudah selesai, diharapkan dapat dimanfaatlkan dengan sebaik-baiknya seperti Bandara Internasional APT Pranoto,

Jembatan Mahkota II dan Jembatan Mahakam IV atau Jembatan Kembar di Kota Samarinda. Termasuk Jalan Tol Samarinda-Balikpapan yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo meskipun baru mencapai 66 kilometer hingga Gerbang Tol Samboja.

Kinerja pembangunan Provinsi Kaltim 2019 juga terlihat dari menurunnya tingkat kemiskinan sebesar 0,12persen dari sebanyak 222,39 ribu penduduk miskin atau (6,06 persen) dan meningkatnya Indeks Pembangunam Manusia (IPM) mencapai 75,83 atau peringkat ketiga secara Nasional setelah DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

“Juga dalam upaya meningkatkan kualitas SDM, pembukaan lapangan kerja baru, dan pemberian Beasiswa Kaltim Tuntas Tahun 2019. Khusus beasiswa misalnya dana tersalur Rp149,9 Miliar atau melebihi target realisasi 107,9 persen dengan 13.332 orang penerima,”sebutnya.

Pada kesempatan itu, gubernur mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kaltim, TNI/Polri, jajaran ASN dan non-ASN Pemprov Kaltim dan Pemkab/Pemkot se-Kaltim, instansi Vertikal dan Swasta, serta seluruh Rakyat Kaltim atas dukungan melaksanakan pembangunan.

Dia juga mengajak semua pihak meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kondusifitas daerah. Terlebih lagi di 2020 merupakan tahun politik dimana ada 9 (sembilan) Kabupaten/Kota yaitu Kota Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Paser, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat dan Mahakam Ulu akan melaksanakan Pemilukada Serentak.

Sedikit banyaknya akan bisa memunculkan panasnya suhu politik dan terganggunya keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK didampingi Wakil Ketua Andi Harun, Sigit Wibowo dan Muhammad Samsun serta dihadiri Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi dan 34 anggota  dewan.

Rapat paripurna dirangkai penyerahan piagam penghargaan oleh Gubernur Isran Noor kepada 23 penerima terdiri tokoh berjasa (tokoh agama, kesehatan, olahraga, wanita, pramuka, pendidikan dan tokoh pers). Juga masyarakat berprestasi (pelopor bidang perencanaan pembangunan daerah, wartawan, atlet dan wasit serta pelatih dan qori berprestasi).

Tampak hadir Ketua TP PKK/Wakil Ketua TP PKK Kaltim, Norbaiti Isran Noor dan Erni Hadi Mulyadi, anggota DPRRI/DPDRI Dapil Kaltim, jajaran Forkopimda Kaltim dan pimpinan perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim, instansi vertikal/kementerian/lembaga, tokoh masyarakat dan adat, pemuka agama, tokoh wanita dan pemuda, pelajar dan mahasiswa.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023