Gubernur Pesan Golkar Turut Serta Membangun dan Beri Garansi Konstruktif Pembangunan Demokrasi Kaltim

icon - In Berita By Admin Website    icon 6745

Gubernur Pesan Golkar Turut Serta Membangun dan Beri Garansi Konstruktif Pembangunan Demokrasi Kaltim

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Isran Noor menitip pesan agar Golkar sebagai partai besar turut serta membangun dan memberikan garansi konstruktif bagi pembangunan demokrasi di Kaltim.

"Sebagai sebuah partai besar Golkar telah banyak memberikan gagasan dan narasi panjang dalam perjalanan kehidupan dan bertanah air. Golkar telah melewati asam garam kehidupan berdemokrasi di Indonesia," ujar Gubernur Isran dalam sambutan yang disampaikan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) X Partai Golkar, di Samarinda, Sabtu (14/3) malam.

Dinamika yang ditampilkan Golkar Kaltim selama ini, kata dia, patut diapresiasi dalam pembangunan demokrasi di Kaltim. Sejarah sistem demokrasi pancasila yang dianut tercatat banyak berganti corak dan warna sejak orde lama hingga reformasi. 

Padahal demokrasi pancasila memiliki tafsiran luas bagi segenap anak bangsa sebagai wujud otonomi berfikir. Disisi lain dia menyebut saat ini Pemprov Kaltim memiliki hajat besar yakni sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN). 

Pekerjaan besar ini harus terus dikawal dan mendapat perhatian sinergi dari semua pihak Kaltim saat ini masih perlu bantuan besar dari pusat dalam membangun ketertinggalan baik ketersediaan insfrastruktur, pendidikan dan pengembangan ekonomi.

Padahal devisa negara yang disumbangkan Kaltim bertahun-tahun ternyata berjumlah berbalik arah untuk Kaltim, seperti anak baik yang nyaris tidak dihiraukan pusat.

"Pemprov mengajak semua melakukan kolaborasi dan perubahan terhadap pembagunan bangsa dan bernegara saat ini. Ditengah arus informasi yang tidak ada sekat dan begitu masif," sebutnya.

Media sosial telah merubah banyak struktur dan gaya hidup masyarakat dalam segenap aspek kehidupan. Perubahan pola masyarakat tersebut disamping memberikan nilai positif, tapi juga turut andil besar dalam pembentukan kultur budaya destuktif dan permisif di tengah masyarakat saat ini.

Berita hoax, fitnah, dendam dan saling caci seperti sarapan pagi yang kerap dilihat ditahun politik. Di tahun politik ini Kaltim juga ambil bagian menyelenggarakan Pilkada serntak di sembilan kabupaten/kota.

Tentunya perlu mendapat perhatian semua agar even besar NKRI ini berjalan sukses, aman, damai, dan demokratis. Berharap semua menjaga kondusifitas memberikan advokasi benar kepada masyarakat sesuai nilai demokrasi yang dianut.

"Percaya Golkar mampu berfikir jernih dan berpartisipasi dalam menciptakan pilkada penuh harmoni, damai, dan aman," yakinnya. 

Sementara DPP Partai Golkar, Lodewijk FP mengatakan Musda agenda penting dalam menyongsong Pilkada serentak yang dilaksanakan di 270 titik, yakni 9 provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten se Indonesia termasuk 9 daerah di Kaltim yang dilaksanakan di tiga kota dan enam kabupaten.

"Targetkan 60 persen dari 270 titik tadi. Pertanyaannya berapa persen yang bisa disumbangkan Kaltim kejar target itu," katanya. 

Sesuai amanat Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Golkat dalam tiga bulan harus tuntaskan 34 musda se Indonesia. Tercatas sudah 25 daerah melaksanakan musda dan 15 diantaranya mendapatkan ketua baru.

Menurutnya, jika musda dilaksanakan aman, tertib, dan lancar, Kaltim akan jadi yang ke 26 melaksanakan musda. "Jangan sibuk pengaturan untuk intrik pemilihan ketua DPD Golkar sehingga menguras energi. Lebih baik energi dihabiskan untuk memenangkan Pilkada serentak," serunya.

Pilkada 2020 menjadi tolok ukur keberhasilan pemilu 2024 mendatang. Kemenangan saat ini dinilai berpengaruh terhadap pemilu 2024. 

Sementara M Syahrun menyampaikan laporan panitia mengatakan musda dihadiri peserta aktif dan peserta peninjau. Musda dilaksanakan selama dua hari 14 - 15 Maret 2020.

Pembukaan Musda ditandai pemukulan gong oleh Sekjen DPP Partai Golkar didampingi Plt Asisten I Moh Jauhar Efendi, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, Wakil Ketua DPD RI Dapil Kaltim Mahyudin, Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Hetifah Sjaifudian, serta dihadiri Anggota DPRD Kaltim, DPRD Kabupaten/Kota se Kaltim, dan segenap anggota serta simpatisan Golkar pusat dan daerah.(DPMPD Kaltim/arf)