Gubernur Resmikan Operasional Tiga Unit Layanan RSKD Balikpapan
01 Juli 2020 Admin Website Berita 6700
Gubernur Resmikan Operasional Tiga Unit Layanan RSKD Balikpapan

BALIKPAPAN -- Gubernur Kaltim, Isran Noor meresmikan operasional tiga unit Layanan medis pada Rumah Sakit Umum Daerah dr  Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan, Rabu (1/7). Tiga unit layanan dimaksud adalah Hemodialisa, Microbiology,  dan CT Scan 128 Slice .

"Mudahan bermanfaat. Dengan peresmian operasional tiga unit layanan medis ini pelayanan RSKD semakin baik, " ujar Gubernur Isran Noor. 

Pada kesempatan itu dia juga mengaku bersyukur perusahaan yang mengelola SDA Kaltim sudah banyak menunjukan kepedulian ikut membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan COVID-19. 

Termasuk dia perusahaan yang ikut terlibat pada kegiatan peresmian ini, yakni Sinar Roda yang memberikan bantuan alat cuci darah pada unit hemodialisa. 

"Bersyukur Sinar Roda Utama memberi bantuan alat cuci darah, sehingga bisa berikan layanan lebih maksimal dengan 50 unit alat cuci darah. Bayangkan mereka bersedia membantu menyediakan alat ini dengan harga mahal, " katanya. 

Termasuk Bukit Baiduri Energi yang memberikan bantuan 100 ribu masker medis yang akan dikelola Dinas Kesehatan Kaltim dan Badan Penanggulangan Bencana Kaltim sebagai Gugus Tugas untuk diberikan ke unit pelayanan kesehatan pelayanan COVID-19 di Kaltim. 

Sementara Direktur RSUD dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, Edi Iskandar. mengungkapkan unit Hemodialisa yang diresmikan akan memiliki 50 alat cuci darah dari awalnya hanya 15 mesin. 

"Yang mendasari kita berinisiatif menyiapkan tempat khusus karena unit layanan yang ada sudah overload, sehingga harus menolak pasien cuci darah dan dirujuk ke RS lain. Dengan ini diharap semua bisa terlayani, " katanya. 

Sedangkan unit Microbiology tadinya sederhana sebelum COVID-19, tapi sejak COVID-19 harus sediakan bio savety level 2 untuk dapat layani PCR sehingga harus disesuaikan. 

Sebagai penunjang RSKD sudah siapkan tambahan alat PCR berbasis reagen melengkapi yang sudah ada model catride. 

Sedangkan CT Scan 128 Slice nantinya menjadi terbaik di Balikpapan melengkapi CT Scan 16 slice yang sebelumnya sudah dimiliki.

"Ini dukungan pak Gubernur dari APBD Kaltim, " sebutnya. 

Nampak hadir Walikota Balikpapan Rizal Efendi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim Moh Jauhar Efendi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak, Plt Kepala Bappeda Kaltim Iman Hidayat, Kepala Satpol PP Gede Yusa, Kepala BPKAD M Saduddin, Kepala Biro Kesra Setprov Kaltim Elto, Direktur Rumah Sakit Atmahusada Fadilah, Direktur Sinar Roda Himawan, dan direksi Bukit Baiduri Energi. (DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 22 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023