Gubernur Serahkan Kembali 2.450 Mahasiswa KKN Unmul
02 September 2021 Arif Maulana Berita 1147
Gubernur Serahkan Kembali 2.450 Mahasiswa KKN Unmul

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Isran Noor menyerahkan kembali sebanyak 2.450 mahasiswa peserta Program Kuliah Kerja Nyata Universitas Mulawarman Samarinda (KKN Unmul) Angkatan 47 tahun 2021 kepada Rektor Unmul Samarinda Profesor Masjaya secara daring, Kamis (2/9).

 

Penyerahan Kembali tersebut menandai berakhirnya pelaksanaan KKN Unmul Angkatan 47 yang berlansung sejak 21 Juni hingga 31 Agustus 2021, di 16 provinsi, 43 kabupaten/kota, 148 kecamatan, dan 485 desa/kelurahan.  

 

“Selamat mahasiswa sudah melaksanakan tugas akademisnya, yakni program KKN dengan baik walaupun dalam kondisi pandemi. Mudahan tetap semangat dan kembali melanjutkan perkuliahannya setelah diserahkan Kembali ke perguruan tinggi,”ujar Gubernur Kaltim Isran Noor dalam sambutan yang diwakili Kepala Dinas Pemberderdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajuidin saat menyerahkan mahasiswa KKN.

 

Dia berharap hasil pelaksanaan KKN memberi konftribusi positif bagi masyarakat luas dan mendorong tercapainya hasil nyata yang dirasakan masyarakat. Sebab untuk mencapai tujuan pembangunan harus ada partisipasi aktif semua pihak, termasuk kalangan mahasiswa.

 

Karenanya pelaksanaan KKN harus terus dilaksanakan sebagai bagian keterlibatan aktif masyarakat dalam pembangunan daerah.

 

Terkait banyak luaran hasil pelaksanaan KKN yang dihasilkan, dia menilai harus segera ditindaklanjuti untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan.

 

Profesor Masjaya mengaku bersyukur pelaksanaan KKN Angkatan 47 menghasilkan sekian banyak luaran. Meskipun pelaksanaannya dalam masa pandemi tidak menghalangi mahasiswa untuk tetap berkarya.

 

“Kami yakin mahasiswa setelah selesai KKN akan tetap berkarya agar pada saatnya bisa menjadi motor penggerak pembangunan. Memadukan hasil Pendidikan yang didapat di kampus dengan pengalaman saat melaksanakan pengabdian masyarakat,”katanya.

 

Terkait pelaksanaan KKN yang mengusung tema “Desa Tangguh Penyangga Ibu Kota Negara” dia menilai cukup memberi warna. Ini bentuk syukur masyarakat Kaltim ditunjuk sebagai lokasi pemindahan IKN.

 

“Alhamdulillah ketangguhan yang dirancang dan dilakukam mahasiswa KKN di bawah bimbingan pemprov akan tercipta desa kelurahan tangguh bencana, tangguh kesehatan, dan lainnya sesuai sub tema Desa Tangguh Penyangga IKN. Sebab semua sisi kehidupan dan pelaksanan aktifitas masyarakat tergantung ketangguhan yang kita bangun selama ini,”timpalnya.

 

Sementara Ketua Panitia KKN Unmul Angkatan 47 Kiswanto menyebut pelaksanaan KKN tahun ini diikuti 2.450 peserta dari 12 fakultas dan 49 program studi. Pelaksanaannya menghasilkan luaran 90 webinar pengabdian, 52 video tutorial, 502 artikel prosiding ISBN, 30 sertifikat HKI, 10 buku ISBN, 305 video profile daerah, 67 book chapter, 199 video profile UMKM, dan 20 artikel jurnal pengabdian.

 

M Syirajudin mewakil Gubernur Kaltim didampingi Kabid Usaha Ekonomi Msyarakat, SDA, dan Teknologi Tepat Guna Elvis dan Kepala Seksi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Noor Agustina. Sementara dari Unmul Samarinda mendampingi rector, Wakil Rektor Bidang Akademi Profesor Mustofa Agung Sardjono.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini 84
Halaman Dikunjungi Hari Ini 254
Total Pengunjung 136269
Total Halaman Dikunjungi 1201059
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1201059
Bulan ini : 9956
Hari ini : 254

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021