Gus Menteri Diisyratkan Siap Kunjungi Desa Sangat Tertinggal di Kaltim
03 Mei 2021 Arif Maulana Berita 6713
Gus Menteri Diisyratkan Siap Kunjungi Desa Sangat Tertinggal di Kaltim

SAMARINDA – Kedatangan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar diharap menjadi mendorong tercapainya target meningkatkan status desa sangat tertinggal dan tertinggal di Kaltim.

Setidaknya mampu mewujudkan tantangan mengentaskan desa berstatus sangat tertinggal, yakni dua desa di Kabupaten Kutai Barat dan dua desa di Kabupaten Mahakam Ulu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin menyebut Gus Menteri sapaan akrab Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengisyaratkan siap Kembali ke Kaltim mengunjungi desa sangat tertinggal.

“Saat buka puasa bersama dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kaltim saya sampaikan bahwa kita masih ada “PR” 4 desa sangat tertinggal dengan kondisi infrastruktur dasar masyarakat yang serba terbatas,”sebut M Syirajudin, Senin (3/5).

Mendengar hal tersebut, sambung dia, Gus Menteri merasa tertantang untuk menlihat secara langsung desa berstatus sangat tertinggal dimaskud. Menteri ingin mengetahui permasalahan dasar desa tersebut sehingga status IDM nya masih sangat tertinggal.

“Yang jelas sudah saya sampaikan kita tidak bisa samakan dengan desa di Jawa. Akses infrastrukturnya sudah cukup baik. Kalau kita di Kaltim sangat terbatas sehingga menjadi masalah pembangunan desa,”sebutnya.

Seperti diketahui, berdasarkan data IDM 2020 dari 841 desa masih terdapat 4 desa berstatus sangat tertinggal, 128 desa berstatus tertinggal, 456 berstatus berkembang, 202 berstatus maju, dan 51 desa berstatus mandiri.

4 desa sangat tertinggal dimaksud Kampung Gerunggung, Kecamatan Bongan dan Kampung Sentalar, Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat, serta Kampung Wana Pariq, Kecamatan Long Hubung dan Kampung Naha Tifab, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 22 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023