Gus Menteri : Kalau Sudah Urusan BUMDes, Urusan Kemiskinan Desa Saya Akan Jadi Yang Teredepan
01 Mei 2021 Arif Maulana Berita 7397
Gus Menteri : Kalau Sudah Urusan BUMDes, Urusan Kemiskinan Desa Saya Akan Jadi Yang Teredepan

KUKAR -- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan kunjungannya ke Kaltim menunjukkan komitmennya terhadap urusan pembinaan BUMDes. 

 

"Kalau sudah urusan BUMDes, urusan kemiskinan desa saya akan jadi yang teredepan, " yakin Gus Menteri saat melakukan kunjungan kerja ke BUMDes Payang Sejahtera, Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (1/5). 

 

Menurutnya BUMDes dalam kondisi sekarang sudah setara dengan BUMN dan BUMD karena sudah berbadan hukum. Yang membedakan hanya levelnya. BUMN level nasional, BUMD daerah, dan BUMDes pada level desa. 

 

Karenanya dia mengajak provinsi dan kabupaten juga ikut memberikan perhatian terhadap pengembangan BUMDes di wilayah masing-masing. 

 

Dia mengaku yakin seperti BUMDes Payang Sejahtera bisa tergolong BUMDes maju seperti sekarang tidak luput dukungan daerah. 

 

"Makanya saya melihat Desa Sungai Payang dengan BUMDes Payang Sejahtera menjadi masa depan cerah. Semoga desa-desa lain juga dapat mengikuti, " katanya. 

 

Disisi lain, dia mengaku setelah kembali ke Jakarta akan langsung bertemu Menteri ESDM membicarakan kemungkinan agar usaha sektor migas dan pertambangan ikut memberi dukungan pengembangan BUMDes di wilayah operasionalnya. Mengingat banyak perusahaan migas dan batubara yang lokasinya di desa-desa. 

 

Seperti Desa Sungai Payang yang dikelilingi perusahaan tambang, dia mengaku yakin dengan dukungan perusahaan status desa tidak hanya maju, tapi bisa menjadi mandiri. 

 

Sementara Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyebutkan kedatangan Gus Menteri bagian mendorong desa berbuat terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, khususnya pengelolaan BUMDes.

 

"Dengan pengelolaan BUMDes meningkat diharap memberi manfaat bagi masyarakat desa. Meningkatkan harkat martabat masyarakat desa, " katanya. 

 

Dia mengaku termasuk bangga dengan Desa Sungai Payang yang berhasil mengelola BUMDes, sehingga menjadikan status desanya dari sangat tertinggal menjadi maju. 

 

Di Kutai Kartanegara kata dia terdapat 188 BUMDes, 31 pemula, 70 berkembang, dan 29 maju. "BUMDes Payang Sejahtera termasuk yang maju. Dan lomba tingkat nasional menjadi terbaik II" katanya. 

 

Untuk diketahui BUMDes Payang Sejahtera mengembangkan beberapa unit usaha, yakni jasa angkutan TBS, jasa angkutan CPO, pengelolaan BRILink, jasa perantara BBM, jasa angkutan batu palu, catering karyawan , suplai air minum karyawan, KPS SPAM, peternakan sapi, jasa bus angkutan karyawan, jasa laundry dan housekeeping di mess karyawan.(DPMPD Kaltim/arf) 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 22 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023