Hari Pariwisata Dunia Ditandai Aktivasi Creative Hub Kaltim
27 September 2023 Arif Maulana Berita 4781
Hari Pariwisata Dunia Ditandai Aktivasi Creative Hub Kaltim

SAMARINDA – Peringatan Hari Pariwisata Dunia tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023 ditandai dengan aktivasi creative hub atau pusat kreatif Kaltim oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, di Kawasan ex. Bandara Temindung Samarinda, Rabu (27/9/2023).

 

Dikatakan Wagub Hadi, Peringatan Hari Pariwisata Dunia dan Aktivasi Creative Hub Kaltim diharap menjadi momentum bangkitnya pariwisata dan ekonomi kreatif. “Nantinya ini akan menjadi wadadah pusat kreatifitas masyarakat dan pelaku usaha ikreatif masyarakat,” ujarnya.

 

Creative hub atau pusat kreatif sebagai sebuah pokok pangkal dalam hal-hal yang berdaya cipta tidak hanya mencakup segi fisik saja, melainkan juga dari segi jaringan komunitas kreatif yang terbentuk dari pelaku-pelaku kreatif dan aktivitas-aktivitas yang dilakukan.

 

“Creative hub sebagai simpul pelaku ekonomi kreatif, diharapkan dapat menampung berbagai macam ide kreatif para pelaku ekonomi kreatif di daerah tersebut. Selain itu, keberadaan simpul kreatif diharapkan dapat membangun dan meningkatkan kegiatan bagi para pelaku ekonomi kreatif yang akan menghasilkan produk ekonomi kreatif yang bernilai ekonomis,” urainya.

 

Sejauh ini, creative hub sudah beroperasi di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan beberapa kota lainnya.

 

Melalui creative hub, para pelaku akan mendapatkan pelatihan-pelatihan terkait ekonomi kreatif, dan juga dapat mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang berasal dari seluruh produk industri kreatif yang mereka ciptakan.

Keberadaan Tuban creative hub diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan dalam sektor industri dan ekonomi kreatif bagi banyak generasi muda. Apalagi pembangunan tempat ini juga akan memanfaatkan digital platform untuk membantu para kreator muda terhubung, dan tersambung dengan marketplace yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

Hadir pada Peringatan Hari Pariwisata Dunia tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023 ditandai dengan aktivasi creative hub atau pusat kreatif Kaltim Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Aswanda mewakili Kepala DPMPD Kaltim Aswanda.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023