Hasil Rapat Kerjasama Sister-Province antara Kaltim dan Anhui : Langkah Strategis untuk Peningkatan Kerjasama Bilateral
Hasil Rapat Kerjasama Sister-Province antara Kaltim dan Anhui : Langkah Strategis untuk Peningkatan Kerjasama Bilateral

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Prov Kaltim (DPM-Pemdes) Rabu (8/5/2024) melalui Pejabat Fungsioal Penggerak Swadaya Masyarakat hadir di Ruang Rapat DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur dalam rapat kerjasama "Sister-Province" antara Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Provinsi Anhui, China. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Ketua KADIN Provinsi Anhui untuk Indonesia, Bapak He Tao/Hartono, serta perwakilan dari 8 OPD Lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim, DPMPTS Kabupaten Kutai Kartanegara, dan 3 Perusda di Provinsi Kalimantan Timur.

 

Acara yang dibuka oleh Kepala DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur, yang kemudian diikuti dengan penyampaian beberapa hal penting diantaranya bahwa Penandatanganan perjanjian kerjasama berupa Letter of Interest (LoI) Kerjasama Sister-Province antara Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Anhui, China yang telah dilaksanakan pada tanggal 04 Desember 2023 di Double Tree Hotel by Hilton Jakarta, mencakup sektor Investasi, Perindustrian dan Perdagangan, Promosi Pariwisata, Riset, dan Inovasi.

 

Kemudian rencana penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) saat kunjungan Delegasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur ke Provinsi Anhui 17-24 Juni 2024 mendatang.

 

Dalam rapat tersebut turut dibahas tentang potensi kerjasama antara sektor dan pelaku usaha, serta potensi kerjasama Sister-City antara kota Balikpapan, Samarinda, dan Kabupaten Kutai Kertanegara dengan kota Hefei, Anqing, dan Huangshan.

 

Kesimpulan rapat menyoroti potensi kerjasama dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, perdagangan, ketahanan pangan, dan perkebunan. Selain itu, diumumkan bahwa DPM-Pemdes Provinsi Kaltim direncanakan akan menerima donasi dari pihak Ms.Guo Ying berupa 10.000 unit kompor tradisional dengan emisi karbon rendah, 100 set filter air bersih untuk sekolah, dan program perlindungan hutan Kaltim melalui pengurangan emisi karbon.

 

Kepala DPM-Pemdes Puguh Harjanto dalam tanggapan tertulisnya meminta masing-masing bidang agar mempersiapkan potensi yang bisa dikerjasamakan dalam sister province ini.

 

"semoga kerjasama ini dapat membawa dampak positif bagi perekonomian, SDM, dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Timur" kata Puguh.


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023