Isran Sebut Kubar Sudah Tidak Tertinggal Dengan Daerah Lain
18 Juli 2019 Admin Website Berita 1582
Isran Sebut Kubar Sudah Tidak Tertinggal Dengan Daerah Lain

KUBAR -- Perhelatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVI Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019 yang dipusatkan di Taman Budaya Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kamis (18/7) telah usai.

Dibalik suksesnya perhelatan kegiatan ada makna penting tersirat dari sambutan yang disampaikan Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memberi arahan.

Gubernur Isran menyebut Kubar sekarang tidak  tertinggal dengan daerah lain di Kaltim. "Buktinya Kubar sukses menyelenggarakan kegiatan level provinsi Harganas dan mampu bersaing dengan kabupaten lain menjadi juara ketiga lomba desa tingkat Provinsi Kaltim tahun 2019," ujarnya.

Keberhasilan salah satu desa di Kubar menjadi juara lomba desa tingkat provinsi menjadi indikator penilaian menunjukan perkembangan  kabupaten induk Kabupaten Mahakam Ulu ini semakin baik.

Pembangunan desanya bergeliat dan pemberdayaan masyarakatnya terlaksana dengan baik.

Terkait Harganas dia mengaku menyambut baik dan mengucapkan selamat Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVI Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019 yang dipusatkan di Taman Budaya Sendawar, Kabupaten Kutai Barat.

Tema Harganas tahun ini adalah; “Hari Keluarga Nasional, Hari Kita Semua”. Tema tersebut mengandung makna bahwa hari inilah momentum bagi kita semua, para ayah-ibu, kakek-nenek, anak kita beserta saudaranya, anggota masyarakat, dan keluarga besar Bangsa Indonesia dari berbagai latar belakang etnis, agama dan kebudayaannya, bersatu-padu, seia-sekata, dengan maksud dan tujuan bersama.

Tujuan dimaksud berkomitmen untuk menciptakan Keluarga Sejahtera, Keluarga yang Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pemerintah Provonsi Kaltim juga bertekad mewujudkan Keluarga dan Masyarakat Kaltim yang cerdas dan unggul sebagai implementasi dari Visi RPJMD 2018-2023, yaitu; “Berani untuk Kalimantan Timur Berdaulat” dengan Misi; “Berdaulat dalam pembangunan SDM yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan pemuda dan penyandang disabilitas”.

"Semoga tantangan dan kendala pembabungan  Keluarga Sejahtera lahir dan batin juga akan dapat kita atasi bersama," harapnya.

Sementara itu, Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi ketika dikonfirmasi terpisah membenarkan ungkapan gubernur tersebut. Desa Penawai, Kecamatan Bongan keluar sebagai juara ketiga lomba desa tahun 2019.

Desa wilayah Kubar tersebut mampu bertengger ditiga teratas bersama Desa Batu Putih, Kecamatan Batu Putih, Berau, dan Desa Telemow, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yang menempati juara dua dan tiga lomba desa.

Selain itu, berdasarkan evaluasi sementara perkembangan status desa menunjukan kemajuan signifikan. Dari 190 desa sudah ada 1 desa mandiri dan 10 desa maju. Sekalipun secara rata-rata masih dalam status tertinggal.

"Saya yakin kedepan status desa-desa di Kaltim akan semakin baik. Apalagi kita sudah menetapkan pengentasan desa dengan status sangat tertinggal dan tertinggal menjadi prioritas RPJMD Kaltim 2019-2023," yakinnya.

Peringatan Harganas juga dirangkai berbagai kegiatan dan penyerahan penghargaan, diantaranya lomba kampung KB percontongan tingkat Provinsi Kaltim yang hadiahnya atas partisipasi kerjasama DPMPD Kaltim dan BKKBN Kaltim.(DPMPD Kaltim/uya/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 397
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1468
Total Pengunjung 157818
Total Halaman Dikunjungi 1405339
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1405339
Bulan ini : 1468
Hari ini : 1468

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021