Iyad Dampingi Gus Menteri Tinjau BUMDes Payang Sejahtera
01 Mei 2021 Arif Maulana Berita 6539
Iyad Dampingi Gus Menteri Tinjau BUMDes Payang Sejahtera

KUKAR -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin mendampingi kunjungan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar ke BUMDes Payang Sejahtera, Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (1/5).

 

Iyad sapaan akrab M Syirajudin mengaku bersyukur atas kehadiran Mendes PDTT yang akrab disapa Gus Menteri ini ke desa di Kaltim. Terlebih kunjungan kerja difokuskan melihat pengembangan BUMDes yang terbilang berhasil di Kaltim.

 

"Kita berharap kedatangan Gus Menteri berdampak semakin berkembangnya pengelolaan BUMDes di Kaltim, " harap Iyad.

 

Meningkatkan semangat dan komitmen desa memajukan desanya melalui pengelolaan BUMDes dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di desa.

 

Sebab kedatangan Gus Menteri menunjukkan pemerintah memberikan perhatian serius terhadap pembinaan pengelolaan BUMDes.

 

Telebih pemerintah telah menerbitkan PP No11/2021 tentang BUMDes yang mengatur BUMDes sebagaibbadan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

 

Sejalan dengan itu, Pemprov Kaltim dalam Rencana Pembangunan Jangkauan Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2019-2023 menerapkan pengelolaan BUMDes menjadi bagian program prioritas dalam pencapaian target meningkatkan status 150 desa dari 518 desa sangat tertinggal dan tertinggal di Kaltim.

 

Khususnya terkait peningkatan pada indikator Indeks Ketahani Ekonomi (IKE) yang menjadi salah satu indeks komposit penilaian IDM desa.

 

"Pendek kata mari kita maksimalkan pengelolaan BUMDes di Kaltim. Manfaatkan sumber daya yang ada untuk memajukan desa mewujud Visi Pembangunan Berani Untuk Kalimantan Timur Berdaulat, " tandanya.

 

Iyad mendampingi kunjungan Menteri didamping Kabis Usaha Ekonomi Mayarakat, SDA, dan Teknologi Tepat Guna Elvis, serta KasiKasi Usaha Ekonomi Masyarakat Muriyanto.

 

Sebelumnya Iyad mendampingi Wakil Gubernur Kaltim menyambut kedatangan Gus Menteri di Bandara APT Pranoto Samarinda.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023