Iyad Ingatkan Peserta Lomdeskel Juara Bukan Tujuan
15 Juni 2021 Arif Maulana Berita 6275
Iyad Ingatkan Peserta Lomdeskel Juara Bukan Tujuan

SAMARINDA -- Tahapan presentasi lomba desa/kampung dan kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2021 dimulai. Pembukaan tahapan akhir Lomdeskel dilakukan Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin dengan diawali presentasi Kepala Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

"Saya berpesan jangan jadikan juara sebagai tujuan, tapi bagaimana memaknainya sebagai bagian pembinaan dan pengawasan dalam rangka evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, " ujar M Syirajudin saat membuka tahapan presentasi Lomdeskel Tingkat Provinsi 2021, di Ruang Serbaguna Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (15/6).

 

Kepala desa/kampung dan lurah diminta terus berbuat tulus ikhlas untuk desa/kampung dan kelurahan yang dipimpin. Tingkatkan pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat untuk mensejahterakan masyarakat desa/kampung dan kelurahan.

 

Bagi peserta dia berpesan agar kepala desa/kampung dan lurah yang akan menjadi juara jangan puas sampai disitu. Harus terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik agar menjadi terbaik di tingkat regional.

 

Sebaliknya, bagi yang belum berhasil saya mengucapkan selamat karena kalian berpeluang menjadi terbaik pada perlombaan tahun berikutnya. Sebaliknya juara tahun ini sudah tidak dapat ikut perlombaan tahun berikutnya.

 

"Pendek kata mereka yang sudah lolos tiga besar sudah merupakan kepala desa/kampung dan lurah berprestasi. Juara dari kabupaten/kota masing-masing, " katanya.

 

Tahapan presentasi merupakan tahap akhir pelaksanaan Perlombaan Desa/Kampung dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kaltim. 

 

Ini menjadi penentuan Kepala Desa/Kampung dan Lurah berprestasi juara lomba yang sudah melalui tahapan panjang seleksi administrasi sejak Mei 2021 lalu ini.

Semoga tahapan pemaparan/presentasi untuk desa pada 15 Juni 2021 dan untuk kelurahan pada 16 Juni 2021 berjalan lancar, sehingga menghasilkan juara Lomba Desa/Kampung dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kaltim.

 

"Kemudian kita usulkan untuk mengikuti Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional dan diundang ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan Temu Karya Nasional yang penyelenggaraannya akan dirangkaikan dengan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) yang merupakan bagian dari Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, " katanya.

 

Dia berpesan peserta dapat mengikuti lomba dengan menjunjung tinggi sportifitas. Yakinkan tim penilai memang layak menjadi juara perlombaan desa/kampunkampung dan kelurahan tingkat Provinsi Kaltim. .

 

Tampilkan inovasi/terobosan (teknologi dan/atau sosial), produk unggulan serta unsur tematik yang bisa menjadi contoh bagi Desa/Kelurahan lainnya yang menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan juara lomba Tingkat Provinsi.

 

Tiga besar lomba desa dimaksud Kampung Sumber Agung, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Desa Segendang, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, serta Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. 

 

Sedangkan tiga kelurahan yakni Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kelurahan Sumber Rejo, Kelurahan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, serta Kelurahan Dadi Mulya, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023