Iyad : Mendukung Penuh BUMDes Terlibat Aktif Gernas BBI
18 Agustus 2021 Arif Maulana Berita 6274
Iyad : Mendukung Penuh BUMDes Terlibat Aktif Gernas BBI

SAMARINDA -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin menegaskan pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BII) menjadi meomentum baik mendukung kemajuan BUMDes di Kaltim.

 

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan memberi peluang BUMDes/BUMDes Bersama untuk masuk dalam jaringan UMKM binaan mitra kerja Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), yakni PT Pertamina dan Bank Indonesia.

 

"Mendukung penuh BUMDEs terlibat aktif Gernas BBI. Apalagi Kaltim ditetapkan menjadi tuan rumah kegiatan yang akan dilaksanakan Oktober mendatang ini, " tegas M Syirajudin didampingi Kasi Usaha Ekonomi Masyarakat Muriyanto saat mengikuti Rakor Persiapan Pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BII) secara virtual, Rabu (18/8).

 

Dia berharap sekitar 26 BUMDes yang sudah memiliki produk unggulan sesuai data yang disampaikan bisa berpartisipasi. Gilirannya dengan pembinaan yang dilakukan produk yang dikembangkan BUMDes semakin berkualitas dan cakupan promosinya semakin luas.

 

Untuk diketahui, di Provinsi Kaltim dari 841 desa terdapat sebanyak 778 BUMDes aktif dengan berbagai unit usaha yang dikembangkan.

 

Sebelumnya Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT Herlina Sulistyorini mengatakan kegiatan merupakan tindaklanjut arahan Kemendes PDTT terkait peningkatan peran aktif BUMDes/BUMDes Bersama  dalam rangkaian Germas BBI di Provinsi Kaltim.

 

"Ini sebagai bagian penguatan kapasitas yang dilakukan Pemda,  Pertamina,  dan Bank Indonesia, " katanya.

 

Menurutnya kegiatan Gernas BBI merupakan momentum yang harus dimanfaat BUMDes agar bisa seperti UMKM lainnya.

 

BUMDes diharap lebih aktif pada kegiatan ini, karena output akhir yang diharapkan 1.000 UMKM yang bisa menambah jangkauan melalui marketplace.

 

"Mumpung Kaltim jadi lokus berharap DPMPD Provinsi dan kabupaten mendorong BUMDes sampaikan profilenya. BUMDes yang siap produknya. Ini kesempatan untuk bisa aktif masuk dalam jaringan binaan produk UMKM. Harapannya setiap daerah punya BUMDes unggulan, " timpalnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023