Jauhar Ingatkan Peserta KKN KLB Hasilkan Aplikasi Jawab Kebutuhan Masyarakat
16 Juni 2020 Admin Website Berita 6360
Jauhar Ingatkan Peserta KKN KLB Hasilkan Aplikasi Jawab Kebutuhan Masyarakat

SAMARINDA -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi mengingatkan agar peserta Kuliah Kerja Nyata Kondisi Luar Biasa (KKN KLB) Universitas Mulawarman Samarinda lebih banyak berkutat memanfaatkan teknologi informasi. 

Telebih pelaksanaan KKN KLB tidak dilaksanakan langsung turun lapangan seperti biasa, melainkan dilakukan secara virtual memanfaatkan media aplikasi komunikasi secara online. 

"Setidaknya setiap kelompok dapat menghasilkan minimal satu aplikasi sederhana sesuai kebutuhan masyarakat setempat, " seru Moh Jauhar Efendi saat rapat virtual finalisasi persiapan pelaksanaan KKN KLB Unmul Samarinda, Selasa (16/6). 

Karenanya pihak LP2M Unmul diharap melakukan pengaturan pembagian kompetensi dan keahlian peserta KKN setiap kelompoknya. Minimal setiap kelompok harus ada peserta yang menguasai keahlian teknologi informasi agar bisa merealisasikan pembuatan aplikasi dibutuhkan desa dan kelurahan lokasi KKN. 

Kemudian dia juga berharap setiap peserta KKN bisa mengidentifikasi masalah sebagai masukan perencanaan pembangunan ke depan. Jika setiap orang satu permasalahan makan akan teridentifikasi ribuan permasalahan sesuai jumlah peserta KKN. 

"Semoga pelaksanaannya sukses dan memberi manfaat melakukan desa dan kelurahan lokasi KKN, " harapnya. 

Kemudian program KKN secara virtual yang baru kali pertama diselenggarakan ini diharap ada keunikan tersendiri, sehingga menjadi model pelaksanaan KKN universitas lain di luar Kaltim. 

KKN KLB virtual sendiri rencananya akan diikuti 2.448 peserta yang tersebar di 456 lokasi, yakni 282 desa dan 174 kelurahan kabupaten/kota se Kaltim atau dengan pembagian 5-6 orang pertama lokasi kegiatan. 

Pelaksanaanya bisa berjalan sukses jika didukung peran serta kabupaten/kota melalui DPMD dan desa dan kelurahan lokasi kegiatan. 

Rapat persiapan final sendiri diikuti perwakilan DPMPD Kaltim, DPMD Kabupaten/Kota se Kaltim, Dosen Pembimbing Lapang, serta pihak LP2M Unmul yang dipandu Ketua LP2M Unmul Anton Rahmat.

Setelah ini akan dilakukan tahapan pembekalan peserta KKN KLB pada 18 Juli 2020 sebelum pelaksanaan pada awal Juli 2020 hingga akhir Agustus 2020.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023