Jauhar Minta Kaltim Jadi Prioritas Pengembagan Destinasi Wisata Nasional
07 Mei 2021 Arif Maulana Berita 6333
Jauhar Minta Kaltim Jadi Prioritas Pengembagan Destinasi Wisata Nasional

SAMARINDA – Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim Moh Jauhar Efendi saat mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor Sarasehan Virtual dan Mata Lokal Award bertema "Menggerakkan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata di Daerah" meminta agar Provinsi Kaltim menjadi prioritas dalam program pengembangan destinasi wisata nasional.

 

“Tadi saya menyampaikan permohonan Pemprov Kaltim melalui Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang juga menjadi nara sumber kegiatan agar Kaltim menjadi prioritas pengembangan destinasi wisata nasional. Apalagi Kaltim sebagai calon Ibu Kota Negara,” ucap Jauhar, Kamis (6/5).

 

Jauhar mewakili Gubernur Isran menjadi narasumber bersama Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni, Bupati Berau Sri Juniarsih, dan Pelaku Ekraf, Riswah Yuni (Owner Salakilo).

 

Menyongsong IKN, Kaltim sebagai daerah penyangga perlu bersiap diri untuk sektor pariwisata dan ekrafnya.

 

Dengan dijadikannya Pulau Derawan sebagai Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Baru, diharapkan intervensi/perhatian pusat terhadap pengembangan pariwisata dan ekraf Kaltim semakin masif.

 

Pengembangan Derawan sebagai DPP Baru nasional tentu akan memberikan dampak atau multiflyer efek bagi pengembangan pariwisata di daerah lain di Kaltim.

 

“Pariwisata menjadi salah satu sektor untuk mendorong transformasi ekonomi bergeser dari pengelolaan SDA tidak terbarukan migas dan batubara ke sektor ekstraktif,”tegasnya.

 

Dalam pengembangan sektor parekraf, ada 3 deficated program gubernur, yakni menjadikan anjungan Kaltim TMII sebagau pusat informasi dan seni budaya daerah, pengembangan wisata di tiga danau (Semayang, Melintang, Jempang) sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru, serta pengembangan pariwisata berbasis kerakyatan, yakni pengembangan desa wisata.

 

Untuk diingat, Pemprov Kaltim pada 2020 mengalokasikan Bantuan Soaial Masyarakat (BSM) sebagai perlindungan sosial sektor parekraf sebanyak 5.700 lebih penerimanya. Ini untuk membangkitkan parekraf di masa pendemi COVID-19.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 8 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023